5 Kebiasaan Buruk yang Bikin AC Mobil Cepat Rusak, Waspadai!

Rabu, 06 Juli 2022 - 17:26 WIB
loading...
5 Kebiasaan Buruk yang Bikin AC Mobil Cepat Rusak, Waspadai!
Sedikitnya ada lima kebiasaan buruk yang bikin AC mobil cepat rusak. Foto DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sedikitnya ada lima kebiasaan buruk yang bikin AC mobil cepat rusak. Dengan memahami ulasan ini, pengendara setidaknya bisa mencegah hal-hal yang bisa merusak AC kendaraannya.

Seiring perkembangannya, Air Conditioner atau AC menjadi kebutuhan penting, termasuk pada kendaraan seperti mobil. Namun, sebagian pengendara secara tidak sadar kerap melakukan kebiasaan yang berdampak buruk pada kondisi AC mobilnya.

Baca juga : Begini Cara Merawat Kondensor AC Mobil

Jika terus dibiarkan, hal ini akan membuat AC cepat rusak. Atau setidaknya performa AC mobil akan berangsur-angsur menjadi tidak optimal alias tidak dingin lagi. Maka dari itu, hendaknya pemilik kendaraan memperhatikan kondisi tersebut untuk mencegah kerusakan komponen AC mobilnya.

Dilansir dari situs Suzuki, berikut beberapa kebiasaan buruk yang bikin AC mobil cepat rusak :

1. Jendela Terbuka saat AC Menyala

Kebiasaan paling umum yang sering terjadi adalah membiarkan jendela mobil terbuka saat menggunakan AC. Dalam hal ini, pengendara cenderung meremehkan faktor yang satu ini dalam penggunaan AC. Bahkan, terkadang secara sadar mereka membiarkan jendela mobilnya terbuka dengan lama saat menyalakan AC.

Apabila terus dilakukan, kebiasaan tersebut akan membuat kondisi AC mobil cepat rusak. Alasannya sederhana. Kinerja kompresor saat membuat suhu ideal dalam kabin menjadi lebih berat. Hasilnya, kondisi AC menjadi cepat rusak.

2. Kondisi Kabin Kotor

Pada beberapa kasus, pengendara tidak memperhatikan kebersihan kabin. Bahkan, beberapa diantaranya dengan sadar membuang sampah sembarangan didalamnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4548 seconds (0.1#10.140)