Jangan Salah Paham, Ini Bedanya Oli Sintetis dengan Oli Mineral Versi PanaOil

Kamis, 07 Juli 2022 - 13:30 WIB
loading...
Jangan Salah Paham, Ini Bedanya Oli Sintetis dengan Oli Mineral Versi PanaOil
Seluruh produk pelumas PanaOil merupakan oli sintetis dilengkapi dengan formula khusus. Foto/DOK. PanaOil
A A A
JAKARTA - PanaOil saat ini menjual pelumas mereka dengan label oli sintetis . Lalu apa bedanya oli sintetis dengan oli mineral serta apa keuntungan yang di dapat?

Secara umum di pasaran ada dua pilihan oli yang bisa dipakai untuk pelumasan mesin kendaraan. Yaitu oli mineral dan oli sintetis. Oli mineral merupakan produk populasinya masih besar di pasaran, merupakan hasil penyulingan ekstrak minyak mentah.

Oli mineral saat ini banyak dimanfaatkan oleh pemilik kendaraan bermotor yang berteknologi lawas. Karakter khas dari oli jenis ini adalah tingginya tingkat kekentalan atau viskositas, sesuai untuk mesin berteknologi konvensional.

Seiring perkembangan teknologi, oli mineral identik dengan performa melepas panas yang tak sebaik oli sintetis. Oli mineral juga mudah teroksidasi dan menguap. struktur molekulnya juga yang tidak rata sehingga berpengaruh pada kinerja pelumasannya itu sendiri. Alhasil oli mesin mineral memiliki usia pakai relatif lebih pendek dibandingkan oli sintetis.



Jangan Salah Paham, Ini Bedanya Oli Sintetis dengan Oli Mineral Versi PanaOil


“Oli sintetis memang dihadirkan untuk menyesuaikan dengan menyesuaikan perkembangan teknologi mesin yang ada. Ada kebutuhan untuk mengembangkan oli dengan performa performa lebih tinggi,” buka Reza Ben Ungerer, Division Head B2C PT Pana Oil Indonesia.

Oli sintetis telah melalui proses khusus untuk memperoleh satu formula yang spesifik di mesin seperti jenis mesin, kapasitas mesin, hingga bahan bakar yang dipakai bahkan peruntukan kendaraannya. “Oli sintetis punya karakter khas atas struktur molekulnya yang lebih baik, performa lebih unggul dalam melindungi komponen mesin dari keausan, tidak mudah teroksidasi, bahkan bisa menghadirkan proses pendinginan mesin yang lebih optimal daripada oli mineral,” urai Reza Ben Ungerer lagi.

Kekentalan oli sintetis yang stabil cukup penting dalam spesifikasi sebuah pelumas kendaraan. Karena pada dasarnya mesin saat bekerja dalam kondisi relatif tidak stabil. Seperti saat mesin baru saja dinyalakan, atau ketika kendaraan melintasi satu daerah dengan suhu rendah.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3056 seconds (0.1#10.140)