Ini Bedanya Konvoi Touring Jarak Jauh Mobil Listrik dengan Konvensional Versi Pemilik

Sabtu, 09 Juli 2022 - 16:00 WIB
loading...
Ini Bedanya Konvoi Touring Jarak Jauh Mobil Listrik dengan Konvensional Versi Pemilik
Koleksi saat ini merupakan komunitas pemilik mobil listrik lintas merek yang ada di Indonesia. Foto/Screen Capture YouTube Koleksi.
A A A
JAKARTA - Pemilik mobil listrik yang tergabung dalam Komunitas Mobil Elektrik Indonesia (Koleksi) akan touring jarak jaruh, Jakarta-Bali pada 22 Juli 2022 nanti. Total ada 10 mobil listrik yang akan touring bareng.

Hanya saja tidak semua mobil listrik akan berangkat ke Bali. Sebagian dari mereka justru akan berangkat ke Semarang untuk agenda yang lain.

"Sebanyak 5 mobil listrik lainnya akan terus jalan sampai ke Bali," ujar Emir Ferdian dari Koleksi.

Dia mengatakan melakukan perjalanan jarak jauh mobil listrik memang perlu persiapan. Apalagi jika mobil listrik yang digunakan harus konvoi seperti mobil-mobil lainnya saat touring.



Ini Bedanya Konvoi Touring Jarak Jauh Mobil Listrik dengan Konvensional Versi Pemilik


Salah satu yang paling diperhitungkan adalah pengisian baterai mobil listrik. Pasalnya setiap mobil listrik memiliki jarak tempuh yang berbeda.

Begitu juga saat pengisian baterai mobil listrik juga harus diperkirakan dengan baik. Jadi nanti tidak ada waktu yang terbuang hanya karena mobil listrik yang touring harus antre mengisi baterai. Pasalnya proses pengisian baterai memang cukup memakan waktu.

"Anggota Koleksi bukan hanya pemilik mobil listrik dari satu merek saja. Jadi jarak tempuhnya sangat berbeda. Itu yang paling perlu dihitung," jelas Emir Ferdian.



Yang pasti touring jarak jauh anggota Koleksi itu juga diharapkan mampu menghapus keraguan masyarakat mengenai mobil listrik. Terutama mengenai range anxiety atau keraguan jarak tempuh karena minimnya infrastruktur pendukung.

Emir Ferdian mengatakan saat ini di sepanjang tol Trans Jawa sudah banyak terpasang charging station. Jadi masyarakat tidak perlu khawatir lagi jika memang ingin melakukan perjalanan jarak jauh dengan mobil listrik melalui Tol Trans Jawa.

"Memang selalu bikin deg-degan soal jarak tempuh. Tapi itu bisa dilakukan dengan perhitungan. Apalagi di setiap mobil disediakan adapter yang bisa digunakan dimana saja," ujarnya serius.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2425 seconds (0.1#10.140)