Kejutan, Toyota Crown Baru Hadir dengan Bentuk Sedan, Crossover, Sport, dan Wagon

Jum'at, 15 Juli 2022 - 13:39 WIB
loading...
Kejutan, Toyota Crown Baru Hadir dengan Bentuk Sedan, Crossover, Sport, dan Wagon
CEO Toyota Motor Corp Akio Toyoda meluncurkan resmi Toyota Crown baru di Jepang, Jumat (15/7/2022) ini. Foto/DOK. TMC
A A A
JEPANG - Toyota berhasil meledek banyak analis yang menduga mobil sedan baru itu akan berubah bentuk jadi crossover. Nyatanya mobil itu justru tampil dalam berbagai tipe mobil.

Sebelumnya berdasarkan gambar paten yang beredar pekan lalu, banyak orang menduga Toyota Crown akan berubah jadi crossover. Hal itu didasarkan pada bagian belakang mobil yang terlihat membesar. Tidak seperti Toyota Crown yang ada saat ini dengan bagian ekor yang elegan.

Begitu juga dengan ground clearance tinggi serta body side molding ala-ala SUV. Dari situlah banyak orang menduga Toyota Crown benar-benar jadi crossover.

Dalam keterangan resmi hari ini di Jepang, analisa itu memang tidak sepenuhnya salah. Tapi kejutannya, Toyota justru menghadirkan empat tipe body mobil sekaligus yang dikembangkan dari gambar paten tersebut.



Kejutan, Toyota Crown Baru Hadir dengan Bentuk Sedan, Crossover, Sport, dan Wagon


Pertama tentu saja tipe mobil crossover yang didaftarkan dalam gambar paten. Namun sisanya adalah pengembangan tipe mobil sesuai kebutuhan.

Toyota Crown baru kini hadir dalam bentuk tipe mobil sedan, estate atau station wagon hingga mobil sport . "Waktu terus berjalan dan perubahan sangat cepat terjadi. Toyota Crown tidak lagi bisa memenuhi kebutuhan masyarakat yang semakin variatif. Bahkan keberadaannya sebagai mobil mewah semakin tidak signifikan," tulis keterangan resmi Toyota.

Diketahui Toyota Crown memang pertama kali dirilis pada 1955. Mobil itu istimewa karena jadi mobil pertama Toyota yang dibuat dengan teknologi dalam negeri. Mobil sedan itu awalnya memang mendapatkan apresiasi tinggi.



Kejutan, Toyota Crown Baru Hadir dengan Bentuk Sedan, Crossover, Sport, dan Wagon


Sayangnya seiring waktu keberadaan pasar sedan semakin menipis. Penerimaan Toyota Crown di Jepang bahkan sangat kecil dibanding mobil Toyota lainnya.

Toyota mengatakan Toyota Crown baru menggunakan platform TNGA. Pilihan mesin tersedia dua yakni 2.4 liter turbo hybrid system dan 2.5 liter hybrid parallel. Mobil ini juga sudah dilengkapi dengan teknologi keamanan Toyota Safety Sense.

Untuk harga Toyota, baru merilis harga Toyota Crown jenis Crossover. Harga terendah ada di angka 4,35 juta Yen atau setara Rp467,9 juta dan yang termahal di harga 6,4 juta Yen atau sama dengan Rp688,4 juta.

Toyota menargetkan Toyota Crown terjual sebanyak 3.200 unit per bulan untuk pasar domestik Jepang. Mobil ini juga dipastikan akan dijual di pasar global. Jadi ditunggu saja kedatangannya di Indonesia.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2424 seconds (0.1#10.140)