Pengunjung GIIAS 2022 Bisa Jajal 10 Kendaraan Listrik di Test Track Indoor

Rabu, 20 Juli 2022 - 22:01 WIB
loading...
Pengunjung GIIAS 2022 Bisa Jajal 10 Kendaraan Listrik di Test Track Indoor
Teknologi listrik menjadi salah satu fokus GIIAS 2022. Foto: dok Hyundai
A A A
JAKARTA - Walau pasar mobil listrik masih kecil dan minim, tapi tahun ini GAIKINDO Indonesia International Auto Show ( GIIAS ) justru fokus ke teknologi ramah lingkungan tersebut.

GIIAS 2022 akan dihelat pada 11-21 Agustus 2022, di BSD-City. Yang unik, penyelenggara mengklaim akan mengedepankan dan memperkenalkan teknologi kendaraan berbasis baterai (Battery Electric Vehicle/BEV).

Alasannya, untuk mendukung Pemerintah RI bertransisi menuju energi listrik. Juga, jadi pengembangan ekosistem industri Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB). ”Kami ingin memberi edukasi dan membangun dukungan masyarakat,” beber Ketua Umum GAIKINDO, Yohannes Nangoi.

Nantinya, GIIAS 2022 akan menyediakan Electric Vehicle (EV) Test Track. Yakni, area khusus yang berada di dalam ruangan dimana pengguna bisa mencoba berbagai kendaraan listrik.

Rizwan Alamsjah, Ketua III sekaligus Ketua Penyelenggara Pameran mengatakan, area GIIAS EV Test Track tersebut didesain sedemikian rupa untuk menonjolkan kelebihan kendaraan bermotor berbasis baterai.

”Area tersebut juga dilengkapi dengan area charging station, untuk memberikan edukasi bagaimana proses pengisian daya masing-masing kendaraan bekerja,” tutur Rizwan.

Pengunjung area juga mendapat pendampingan dari para product expert kendaraan listrik, dari masing-masing Agen Pemegang Merek (APM) yang juga akan memberikan berbagai informasi terkait kelebihan dari kendaraan listrik.

Total, ada lebih dari 10 jenis kendaraan listrik dari berbagai merek yang dapat dicoba langsung oleh para pengujung di area GIIAS EV Test Track yang terletak pada Hall 10 ICE – BSD City, Kab. Tangerang.

Sayangnya, belum semua pabrikan di Indonesia sudah merilis varian kendaraan listrik mereka. Bahkan, dari 25 merek kendaraan penumpang dan komersial yang akan berpartisipasi di GIIAS 2022, hanya sedikit yang membawa produk EV mereka.

Pabrikan yang ikut serta GIIAS 2022 antara lain Audi, BMW, Chery, Daihatsu, DFSK, Honda, Hyundai, Isuzu, KIA, Lexus, Mazda, MG, Mini, Mitsubishi Motors, Nissan, Porsche, Subaru, Suzuki, Toyota, VW, Wuling, dan dari kendaraan komersial hadir Hino, Isuzu, Mitsubishi Fuso dan UD Trucks.

BACA JUGA: 6 Mesin Pencari Pengganti Google Seandainya Diblokir Kominfo

Selain kendaraan roda empat, lebih dari 100 merek dari industri pendukung juga hadir di GIIAS 2022, dari industri karoseri hadir; Adiputro, Laksana, Tentrem, merek-merek ternama roda dua juga berpartisipasi pada GIIAS tahun ini; Alva, AHM, Benelli, CF Moto, Keeway, Pacific Bike, Segway, Selis, SM Motor, SYM, dan Wmoto.
(dan)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2098 seconds (11.210#12.26)