Ekosistem OLX Autos Dorong Kemajuan Industri Mobil Bekas Nasional

Jum'at, 22 Juli 2022 - 22:50 WIB
loading...
Ekosistem OLX Autos Dorong Kemajuan Industri Mobil Bekas Nasional
Petugas OLX Autos sedang melakukan inspeksi mobil yang akan dijual oleh konsumen di gerai OLX Autos ITC Permata Hijau Jumat (22/7/2022). Foto/SINDONEWScom-Anton Chrisbiyantio
A A A
JAKARTA - Mobil bekas menjadi pilihan masyarakat yang memiliki dana terbatas namun membutuhkan sarana untuk menunjang mobilitas. Selain harga yang terjangkau, ekosistem digital yang semakin mapan membuat msyarakat semakin mudah untuk mengakses dan memilih mobil bekas, baik untuk dibeli maupun di jual.

Suasana di lantai P5A Trade Mall (TM) Blok M Square, Jakarta Selatan cukup lengang. Lantai kelima dari bangunan tujuh lantai itu digunakan para pebisnis jual-beli mobil bekas untuk memajang barang dagangannya. Kawasan ini biasanya ramai saat tengah hari. Umumnya, pengunjung datang untuk membeli mobil bekas dari beragam merek dan tipe. Sejumlah mobil tampak berjejer rapih. Ada Toyota Innova berkelir hitam bernopol B 2133 SOJ yang terlihat segar dan mengkilat. Juga BMW 320i warna abu-abu bernopol B1610 BAA, dan Nissan Teana warna abu-abu bernopol B 1073 MG yang tampak seperti baru, meskipun usia mobil itu sudah lima tahun. “Rata-rata dalam satu bulan laku 25 unit,”ungkap Handi Rumaisha, pemilik Handi Auto saat ditemui Jumat (22/7/2022).

Pria 39 tahun ini sudah melakoni bisnis jual beli mobil sejak 2008 silam saat dirinya menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) di Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN). Pada 2016, Handi yang bermukim di Jagakarsa, Jakarta Selatan itu memutuskan untuk mengundurkan diri, meskipun saat itu dia sudah masuk dalam pegawai golongan IIIC. “Ingin fokus berbisnis, karena jadi pegawai negeri penghasilan terbatas,”ungkapnya.

Handi mengatakan, permintaan mobil bekas terus meningkat setiap saat. Persaingan antarpebisnis pun menjadi cukup ketat. Karenanya, beragam inovasi dan strategi dia lakukan agar terus kompetitif. Salah satunya bergabung dengan ekosistem yang dikembangkan OLX Autos. “Saya sudah enam bulan menjadi mitra. Menurut saya, OLX Autos ekosistem-nya paling kuat diantara yang lain,”paparnya.

Dia mengungkapkan, OLX Autos membantu kegiatan pemasaran untuk penjualan unit-unit yang ada di gerainya. Handi mengaku, bergabung dengan ekosistem OLX Autos membantu mendongkrak penjualannya. Saat ini, Handi memiliki stok 35 unit hingga 45 unit kendaraan.



Menurut Handi, OLX Autos menempatkan satu orang petugas di gerainya untuk melakukan inspeksi mobil konsumen yang hendak dijual. Handi menegaskan, pihaknya memberikan mobil bekas yang dijual kepada konsumen berupa garansi mesin dan transmisi setahun, bukan mobil bekas kecelakaan atau rusak akibat banjir, dan jaminan surat kendaraan yang asli dan lengkap. Kriteria itu juga ditetapkan oleh OLX Autos untuk mobil yang dijual melalui platform digital OLX Autos. “Dengan kondisi (pasar) saat ini, memang kita harus masuk ke dalam ekosistem. Saat namanya masih OLX dan belum berubah menjadi OLX Autos, saya sudah memasarkan di platformnya. Era sekarang harus diperkuat (masuk ekosistem),’’ungkapnya.

Kemudahan menjual mobil bekas melalui OLX Autos tak hanya dirasakan oleh para pebisnis saja, tetapi juga oleh perorangan. Antonio misalnya, terlihat serius memantau inspeksi yang dilakukan oleh petugas OLX Autos di gerai ITC Permata Hijau Jumat (22/7/2022). Menurut dia, gerai OLX Autos memiliki lokasi yang strategis. “Dekat dari rumah di Villa Kelapa Dua Pos Pengumben,’’ucapnya. Mobil BMW X5 berwarna putih lansiran tahun 2017 bernopol B 1894 PJL itu dibeli seharga Rp1,3 miliar. Untuk mendapatkan jadwal inspeksi pun tak perlu repot. Hanya mengisi data di aplikasi untuk jadwal booking. “Isi dulu jadwal booking, setelah keluar jadwalnya, langsung diantar,”tuturnya.

Eko Budi, petugas bagian inspeksi OLX Autos ITC Permata Hijau mengatakan, saban hari dirinya melakukan inspeksi tiga hingga unit kendaraan, dengan jam operasional mulai pukul Sembilan pagi hingga jam enam petang. “Kami inspeksi dulu kondisi fisik mobilnya, dokumennya, dan kelengkapan lainnya. Sebagian besar langsung deal,”kata pria yang bermukim di Cawang, Jakarta Timur itu. Eko sendiri sudah dua tahun bergabung di OLX Autos sebagai petugas inspeksi.

Data-data inspeksi, kata Eko, dikirim ke kantor pusat, Dalam waktu 10 hingga 30 menit, maka harga beli yang ditetapkan bisa diketahui oleh pemilik mobil. Pemilik mobil pun masih berkesempatan untuk melakukan negosiasi harga.

Area Manager Jakarta Selatan Deby Sanjaya mengatakan, untuk BMW X5 lansiran 2017 masih dihargai lebih dari Rp700 juta, “Untuk konsumen yang menjual mobilnya ke OLX Autos, dana sudah ditransfer maksimal satu jam,”tuturnya. Di Area Jakarta Selatan, OLX Autos memiliki pusat inspeksi di ITC Kuningan, Pejaten Village, Blok M Square, dan Carrefour Lebak Bulus. “Untuk offline auction bagi para Mitra, kami ada di Joglo, Jakarta Barat. Disana warehouse mobil-mobil yang bisa dipilih para mitra melalui proses auction (lelang),”tuturnya.

Mempermudah Masyarakat Memiliki Mobil

Ekosistem jual beli mobil bekas yang dihadirkan OLX Autos selama dua tahun ini dinilai mempermudah masyarakat untuk memilih mobil yang diidamkan. “Dulu kesulitan mencari mobil bekas. Harus ke jalan Kertajaya (Surabaya), memilih mobilnya, negosiasi harganya, masih harus di check up ke bengkel resmi, juga legalitas surat-suratnya. Sekarang tak perlu, karena itu semua yang melakukan OLX Autos, kita tinggal pilih mobilnya saja disesuaikan dengan budget,”tutur H Abdurrahman Baridwan berkisah tentang pengalamannya membeli mobil bekas.

Pria yang berbisnis makanan khas Timur Tengah di kawasan Tambak Sumur, Sidoarjo, Jawa Timur itu mengungkapkan, beberapa kali dia membeli mobil bekas dengan memanfaatkan platform digital OLX Autos. “Beberapa kali beli, karena adik di Banyuwangi juga perlu kendaraan. Pernah juga beli di OLX Autos, jualnya juga lewat OLX Autos,’’ungkapnya.



Abdurrahman menilai, OLX Autos telah membentuk ekosistem jual beli mobil yang mudah, aman dan nyaman. Terlebih ada kemudahan dari sisi pembayaran dan delivery. Sehingga masyarakat semakin gampang mudah membeli dan menjual mobil di OLX Autos. “Ada verifikasi dan inspeksi kendaraan yang akan kita beli atau kita jual menunjukkan platform ini sangat serius,”paparnya.

Abdurrahman pun berharap, ekosistem OLX Autos semakin diperkuat di Jawa Timur (Jatim). Terlebih di daerah itu pasar mobil bekas cukup tinggi. Dia pun juga berharap, ada edukasi kepada masyarakat dalam hal penggunaan platform digital. Sebab, tak semua masyarakat melek teknologi. “Kalau masyarakat semakin paham, tentu jual beli akan ke OLX Autos saja, daripada harus ribut dengan calo,’’paparnya.

Senada dengan Abdurrahman, Arief Rahman Lutfi dalam testimoninya di OLX Autos mengungkapkan kemudahan dan kenyamanan saat membeli mobil. “Pelayanannya sangat baik, kondisi mobil sudah di inspeksi oleh tenaga yang berpengalaman,’’ucapnya. Bagi dia, bertransaksi di OLX Autos juga aman dan cepat.

OLX Autos sendiri dalam usianya yang dua tahun berkomitmen untuk terus memberikan kemudahan bagi masyarakat yang ingin menjual maupun membeli mobil impiannya. Tak hanya itu, OLX Autos juga memiliki komitmen kuat untuk memajukan industri mobil bekas di Tanah Air.

Seolah memahami keinginan masyarakat Jatim, OLX Autos menambah gerai offline-nya.

Director of Classified & New Business at OLX Indonesia Agung Iskandar mengatakan, potensi industri otomotif di Jatim cukup besar. Terlebih pertumbuhan ekonomi Jatim melebihi pertumbuhan ekonomi nasional. Pada kuartal I mencapai 5,2% sedangkan pertumbuhan ekonomi nasional hanya 5%. “OLX Autos optimistis industri otomotif termasuk industri mobil bekas di Jatim akan terus berkembang," katanya.

Selain menambah gerai di Surabaya, OLX Autos juga berekspansi ke Sidoarjo dan Malang. Di usianya yang kedua, OLX Autos telah memberikan kemudahan kepada sekitar 5 juta pelanggan. OLX Autos didukung jaringan 4.000 mitra dealer, 100 inspection center di 10 kota besar di Indonesia. Diantaranya yaitu Jabodetabek, Bandung, Solo, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Bali, Medan, Malang dan Sidoarjo, serta memiliki 100 store di Indonesia.

“Kami berkomitmen untuk terus melakukan ekspansi store di berbagai daerah guna mendekatkan diri dengan masyarakat dan memberikan kemudahan bertransaksi jual beli mobil bekas kepada masyarakat,”paparnya. OLX Autos juga terus berinovasi dalam pengembangan teknologi digital dalam layanan. Terlebih, dari riset yang dilakukan OLX Autos, sekitar 75% masyarakat memilih menjual mobil mereka melalui platform digital.

Sedangkan Direktur Marketing OLX Autos Sandy Maulana mengungkapkan, OLX Autos menghadirkan inovasi dengan menggelar kampanye #PilihYangPasti. Tujuannya untuk memberikan jaminan kepastian bagi pelanggan yang membutuhkan layanan yang aman, nyaman, cepat, dan mudah dalam transaksi jual beli mobil bekas.

Adapun, inovasi layanan yang diberikan OLX Autos sejalan dengan kampanye #PilihYangPasti yang saat ini sedang berjalan. Kampanye ini hadir untuk memberikan jaminan kepastian bagi pelanggan yang membutuhkan layanan yang aman, nyaman, cepat, dan mudah dalam transaksi jual beli mobil bekas.

Proses membeli mobil di OLX Autos (baik hanya membeli, maupun tukar tambah) hanya dengan 3P, yaitu Pilih Mobilnya, Pilih Jadwal Test Drive-nya dan Pilih Cara Bayarnya. Kelebihan membeli mobil di OLX Autos, pembeli bisa mendapatkan garansi mesin 30 hari dan garansi 7 hari uang kembali serta gratis biaya perawatan. Kelebihan lainnya, pilihan mobilnya yang beragam, hingga lebih 2.000 mobil bekas berkualitas.

“Masyarakat, khususnya para Gen Z yang saat ini sudah mulai masuk dunia kerja bisa tetap mempunyai manajemen keuangan yang baik. Dan tetap bisa memiliki mobil bekas yang pasti berkualitas untuk mendukung kebutuhan pribadi maupun keluarga,” jelasnya.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2016 seconds (0.1#10.140)