Pahami Cara Kerja Sistem AC Mobil, Agar Lebih Terawat dan Sejuk Sepanjang Jalan

Minggu, 24 Juli 2022 - 16:00 WIB
loading...
Pahami Cara Kerja Sistem AC Mobil, Agar Lebih Terawat dan Sejuk Sepanjang Jalan
Cara kerja sistem ac mobil perlu dipahami agar perawatannya bisa baik dan maksimal. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Pemilik mobil harus memahami cara kerja sistem AC (Air Conditioner) mobil agar lebih terawat dan sejuk sepanjang jalan. AC mobil yang tidak terawat dengan baik tentu akan merugikan pemilik mobil karena tidak nyaman dan juga lebih mudah rusak.

Jika Anda memiliki AC di rumah, maka Anda perlu tahu bahwa cara kerja sistem AC mobil tidak jauh berbeda. Seperti AC di rumah, AC Mobil bekerja dengan cara memindahkan udara panas yang ada di dalam mobil. Sederhananya adalah AC mobil bekerja degnan mendinginkan suhu udara di kabin mobil.

Cara kerja sistem AC pada mobil tentu saja juga melibatkan berbagai komponen di dalamnya. Tiap-tiap komponen memiliki tugas dan fungsinya masing-masing sehingga dapat menghasilkan suhu udara dingin atau hangat sesuai perintah pada panel yang dipilih pengemudi.

Berbagai komponen pada sistem kerja AC mobil, yaitu evaporator, kompresor, kondensor, magnetic clutch, relay, dan banyak lagi lainnya.Setiap komponen memiliki tugasnya masing-masing.

Cara kerja sistem AC pada mobil diawali dari kompresor. Pada komponen ini, terdapat magnetic clutch yang bertugas mengatur kerja kompresor dengan menyambungkan atau memutuskan putaran pulley.



Pahami Cara Kerja Sistem AC Mobil, Agar Lebih Terawat dan Sejuk Sepanjang Jalan


Pulley sendiri terhubung dengan putaran pulley poros engkol melalui V-Belt. Pada saat kunci kontak dalam posisi On, magnetic clutch akan ikut pada posisi On juga dan akan segera menghubungkan kompresor dengan putaran pulley guna memompa freon agar dapat bersirkulasi pada sistem AC mobil.

Ketika baru saja keluar dari kompresor, freon masih berbentuk gas dengan tekanan dan suhu tinggi yang kemudian akan dikirim ke kondensor. Ketika sudah memasuki kondensor, freon akan didinginkan dengan bantuan cooling fan sehingga freon akan berubah wujud menjadi cair, tapi tekanan dan suhunya masih cukup tinggi.

Perubahan wujud gas menjadi cair pada freon ini terjadi akibat penyerapan panas dari freon oleh kondensor. Dari kondensor, kemudian freon akan disalurkan menuju ke receiver dryer.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2493 seconds (0.1#10.140)