Inilah 5 Kelebihan Motor Listrik, Kenali dan Pahami

Selasa, 26 Juli 2022 - 16:32 WIB
loading...
Inilah 5 Kelebihan Motor Listrik, Kenali dan Pahami
Sedikitnya ada lima kelebihan motor listrik yang perlu diketahui. Foto DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sedikitnya ada lima kelebihan motor listrik yang perlu diketahui. Seiring perkembangan teknologi , mulai muncul kendaraan-kendaraan canggih yang ramah lingkungan dan tidak menimbulkan polusi berkepanjangan.

Jika dicermati, tingkat polusi di beberapa kota besar cukup tinggi. Dalam berbagai dampak buruknya, salah satu efek yang sudah terbukti adalah menurunnya kualitas udara di sekitar wilayah tersebut.

Baca juga : Motor Listrik BL-SEV01 Resmi Diperkenalkan

Dalam hal ini, berbagai alternatif dicoba untuk mengurangi tingkat polusi. Dari penggunaan alat transportasi umum, uji emisi kendaraan, hingga penggunaan kendaraan yang ramah lingkungan, termasuk motor listrik.

Secara umum, kendaraan listrik ini ditujukan sebagai alternatif kendaraan di masa depan yang ramah lingkungan. Motor listrik memiliki berbagai kelebihan jika dibandingkan dengan motor konvensional berbahan bakar bensin.

Berikut beberapa kelebihan penggunaan motor listrik yang perlu diketahui seperti dilansir dari berbagai sumber :

1. Ramah Lingkungan

Berbeda dengan motor biasa, motor listrik tidak menghasilkan emisi gas yang bisa mencemari kualitas udara di sekitarnya. Hal ini dikarenakan kendaraan listrik ini menggunakan energi dari baterai. Sehingga, tidak ada asap knalpot yang menambah kadar karbondioksida di udara.

2. Pengisian Bahan Bakar

Selain mengurangi emisi karbon, motor listrik juga bisa menghemat pengeluaran bahan bakar kendaraan. Hal inilah yang ditekankan oleh Menteri ESDM Arifin Tasrif. Menurutnya, penggunaan motor listrik bisa menekan pengeluaran biaya bahan bakar masyarakat.

Sebagai contoh, semisal harga BBM 2 liter adalah Rp24.000. Maka, dengan penggunaan motor listrik masyarakat hanya perlu merogoh kocek seperempatnya saja atau sekitar Rp6.000. Otomatis, pengendara memiliki sisa uang yang bisa digunakan untuk keperluan lainnya.

3. Suara Mesin Motor Lebih Halus

Kelebihan motor listrik yang berikutnya adalah suara mesinnya lebih halus. Dalam hal ini, suara mesin menjadi salah satu poin lebih dari kendaraan ramah lingkungan. Alasannya karena motor listrik tidak memiliki proses internal sehingga tidak terjadi kebisingan seperti motor konvensional.

Pada beberapa kondisi, hal ini cukup berguna bagi pengemudi. Contohnya, ketika melewati gang perumahan sempit, pengendara tidak perlu mematikan mesin motornya karena takut mengganggu kenyamanan orang disekitarnya.

Baca juga : Perusahaan Motor Listrik Malaysia Masuk ke Indonesia

4. Perawatan Mudah

Sebagian mungkin mengira bahwa perawatan kendaraan listrik ini sulit dan membutuhkan biaya besar. Hal tersebut tidak sepenuhnya benar, karena faktanya perawatan motor listrik lebih mudah. Terlebih, jumlah komponen motor listrik juga lebih sedikit jika dibandingkan komponen motor konvensional.

5. Akselerasi Lebih Optimal

Selain lebih efisien, motor listrik memiliki akselerasi yang lebih baik dari motor konvensional. Motor listrik bisa memberikan torsi penuh secara langsung, sehingga bisa menyaingi motor berbahan bakar minyak. Bedanya, meski memiliki tenaga yang kuat, namun motor listrik memiliki konsumsi energi yang rendah.

Demikian ulasan mengenai kelebihan motor listrik yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan Anda.
(bim)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2063 seconds (11.97#12.26)