Ini 5 Mobil Polisi yang Paling Populer di Indonesia

Kamis, 28 Juli 2022 - 17:15 WIB
loading...
Ini 5 Mobil Polisi yang Paling Populer di Indonesia
Sedikitnya ada lima mobil polisi yang sangat populer di Indonesia. Foto DOK Pos Polisi
A A A
JAKARTA - Sedikitnya ada lima mobil polisi yang sangat populer di Indonesia. Berbicara tentang mobil polisi , sebagian orang mungkin akan langsung membayangkan aksi-aksi menakjubkan yang ada di film luar negeri.

Hal tersebut tidak sepenuhnya salah, karena faktanya mobil polisi digunakan sebagai sarana patroli ataupun menindak pelaku pelanggaran di jalan raya. Dengan berbagai jenis mobil dan beragam spesifikasinya, mobil polisi di Indonesia menjadi salah satu favorit berbagai kalangan karena terlihat keren.

Baca juga : Delapan Produsen Mobil Buatan Indonesia yang Populer di Luar Negeri

Berikut beberapa mobil polisi yang paling populer di Indonesia seperti dilansir dari berbagai sumber :

1. Mazda 6

Mobil Pabrikan Jepang ini tentu sudah tidak asing lagi bagi sebagian masyarakat Indonesia. Dengan tampilannya yang khas dan terlihat seperti mobil balap, tidak diragukan lagi bahwa Mazda 6 menjadi salah satu mobil polisi terfavorit.

Mobil ini dilengkapi mesin SKYACTIV-G 2.5 In-line 4 Cylinder DOHC 16 valve dengan kapasitas 2.488cc. Selain itu, tenaga yang dihasilkan bisa mencapai 194 ps pada putaran 6.000 RPM.

Melihat dari spesifikasinya, Mazda 6 sangat cocok untuk digunakan polisi dalam misi pengejaran maupun sekadar berpatroli. Saking populernya, tak hanya sering terlihat di jalan raya, mobil ini bahkan muncul dalam game Grand Theft Auto (GTA) Mod Indonesia sebagai fitur tambahan.

2. Hyundai Elantra

Sekilas, mungkin Hyundai Elantra terlihat mirip dengan Mazda 6. Namun, jangan salah sampai salah karena keduanya jelas berbeda. Mobil buatan Korea Selatan ini menjadi salah satu bagian dari armada Kepolisian Indonesia.

Dilengkapi Dual CVVT DOHC 16V dengan kapasitas 1,8 liter, Hyundai Elantra bisa menghasilkan tenaga hingga 148 hp. Selain itu, mobil jenis sedan ini memiliki tampilan yang memukau dan sedap dipandang. Sehingga menjadi salah satu mobil polisi yang populer di Indonesia.

3. Mitsubishi Galant V6

Berbeda dengan Mazda 6 yang muncul di game GTA, Mitsubishi Galant V6 justru sering tampil dalam berbagai serial televisi di Indonesia. Mobil ini termasuk salah satu veteran di armada Kepolisian, karena sudah hadir sejak era 90-an.

Mitsubishi Galant V6 dilengkapi mesin 4 silinder dengan kapasitas 2,4 liter. Tenaga yang dihasilkan bisa mencapai 160 ps. Seiring perkembangannya, muncul tipe terbaru dari mobil ini yang dibekali mesin 6 silinder berkapasitas 3 liter.

4. Ford Focus

Dibekali mesin DURATEC HE dengan kapasitas 2 liter, Ford Focus bisa menghasilkan tenaga maksimal mencapai 145 ps dengan torsi 185Nm. Pada penggunaannya sebagai mobil polisi, kendaraan ini biasanya digunakan untuk pengamanan objek vital atau Pam Opvit.

Mobil asal Amerika Serikat ini memiliki berbagai fitur unggulan yang berguna untuk digunakan tugas Kepolisian. Sebut saja seperti GPS, Handy Talkie, Repeater, dan lainnya.

Baca juga : Adu Populer Mobil Indonesia di Dunia Maya, Nissan Kalahkan Toyota

5. Mitsubishi Lancer Ex

Selain Galant V6, Mitsubishi Lancer Ex juga digunakan sebagai mobil polisi di Indonesia. Melihat dari tampilan eksteriornya, mobil ini terlihat elegan dan tangguh. Termasuk karena keberadaan rearlamp horizontal dengan desain yang menyempit.

Untuk kapasitasnya, Mitsubishi Lancer Ex bisa menampung hingga 5 orang. Selain itu, kendaraan ini juga dibekali mesin tipe 4B11T 4 Silinder dengan kapasitas 2000cc dan teknologi MIVEC.

Dalam penggunaannya, mobil ini mampu menghasilkan tenaga hingga 150 ps dengan torsi 205Nm.

Demikian ulasan mengenai mobil polisi yang paling populer di Indonesia.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1713 seconds (0.1#10.140)