Ini 6 Sepeda Motor Produk Indonesia yang tak Kalah Dibandingkan Produk Luar Negeri

Kamis, 04 Agustus 2022 - 16:53 WIB
loading...
Ini 6 Sepeda Motor Produk Indonesia yang tak Kalah Dibandingkan Produk Luar Negeri
Sedikitnya ada enam sepeda motor buatan Indonesia yang berkualitas dan tak kalah dari produk motor luar negeri. Foto DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sedikitnya ada enam sepeda motor buatan Indonesia yang berkualitas dan tak kalah dari produk motor luar negeri. Namun sayang tidak banyak orang yang mengetahuinya meskipun sudah banyak dipasarkan.

Hal tersebut dikarenakan produk asing seperti Jepang lebih terkenal dan populer dibanding produk lokal. Padahal produk sepeda motor karya anak bangsa ini bahkan dikatakan memiliki kualitas yang tak kalah bagus. Bahkan beberapa sepeda motor ini diperkirakan bisa menjadi merek nasional masa depan.

Baca juga : Viar Motor Indonesia Hadirkan Sepeda Listrik Uno dan Akasha

Berikut enam sepeda motor produk Indonesia seperti dikutip dari berbagai sumber :

1. VIAR

Produk yang dipayungi oleh PT Triangle Motorindo ini telah memiliki sekitar 700 dealer dan tersebar di Indonesia. VIAR bahkan telah bekerjasama dengan beberapa perusahaan asing.

Mungkin orang orang lebih mengenal motor roda tiga yang dikeluarkan oleh produk ini. Padahal mereka juga memproduksi motor jenis lain seperti motor cross, matik hingga bebek. Beberapa produk seperti Cross CX DB150, skutik VIAR Q1, hingga jenis motor klasik keren VIAR Vintech 200 juga menjadi andalan perusahaan otomotif ini.

2. Happy Motorcycle

Banyak orang yang belum mengetahui produk motor ini. PT Anugerah Cendrawasih adalah perusahaan yang memproduksi motor lokal ini.

Sama seperti VIAR produk ini juga didominasi oleh kendaraan beroda tiga. Namun ada juga motor beroda dua seperti Happy Trail RX200 dan motor Happy Klasik CS200.

3. SOIB

SOIB dikenal sebagai produkan motor yang mengeluarkan kendaraan bertema retro. Sepeda motor yang baru baru ini kembali mencuat karena tentu bisa dijadikan potensi pasar yang bagus.

Seri trail SOIB ADVENTURE 400 dan seri motor klasik SOIB RACER 400 merupakan produk unggulan mereka.

Baca juga : Tips Merawat Ban Sepeda Motor Secara Mandiri

4. Kaisar

Selain bergerak di bidang bidang perakitan kendaraan, PT Kaisar Motorindo Industry juga mengeluarkan beberapa seri motor lokal.

Demi mendukung kepentingan komersial, produk sepeda motor ini mengeluarkan motor roda tiga. Tidak hanya itu Kaisar juga membuat produk roda dua. Sepeda motor andalan Kaisar tersebut adalah Ruby V250 yang bertemakan underbone dan sport.

5. Gazgas

Merek ini dipayungi oleh PT Gazgas Indonesia yang berada di Jawa Timur. Merek ini mengeluarkan beberapa tipe sepeda motor berkapasitas 150 cc hingga 450 cc.

Minimoto hingga GXE450 juga dimiliki oleh Gazgas. Kemudian ada juga Monkey dan Gorilla dengan mesin 100cc. Tak luput juga motor bertipe klasik yang dengan nama Gazelo 125.

6. Gesits

Produk motor milik anak bangsa yang satu ini diprediksi akan menjadi motor nasional suatu hari nanti. Bahkan menjadi yang pertama menciptakan motor bertenaga listrik.

PT Grasindo yang berkolaborasi dengan Institute Teknologi Sepuluh November (ITS) melahirkan merek ini. Presiden Jokowi dan sejumlah menteri bahkan pernah mencoba motor ini. Perusahaan ini ternyata sudah memiliki 47 dealer di berbagai kota Indonesia. Tampilan motor yang dibuatnya ini sekilas menyerupai produksi Jepang. Sementara untuk harganya sendiri mencapai Rp24 juta hingga Rp28 juta.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2273 seconds (0.1#10.140)