Perusahaan Mobil China Makin Berjaya, 7 Merek Masuk Daftar Fortune 500

Sabtu, 06 Agustus 2022 - 13:00 WIB
loading...
Perusahaan Mobil China Makin Berjaya, 7 Merek Masuk Daftar Fortune 500
BYD Han EV saat ini merupakan mobil listrik China paling laris. Mobil itu juga sudah dijual di wilayah Eropa. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Perusahaan mobil China makin diakui dan setara dengan perusahaan otomotif dunia. Pasalnya tujuh mobil China masuk daftar Fortune 500.

Diketahui Fortune 500 adalah daftar khusus yang dirilis oleh majalah bisnis ternama dunia, Fortune. Peringkat dalam daftar tersebut didasarkan pada pendapatan tahunan perusahaan.

Tidak heran jika daftar Fortune 500 merupakan tolak ukur dari kemampuan perusahaan dalam berbisnis. Tahun ini menariknya tujuh perusahaan mobil China justru masuk dalam daftar.

Setidaknya ketujuh perusahaan mobil China itu setara dengan 16 perusahaan mobil dunia lainnya. Disebutkan Car News China ketujuh perusahaan mobil China itu adalah BYD, Zhejiang Geely Holding Group, Dongfeng Motor, SAIC Motor, China FAW Group, Beijing Automotive dan Guangzhou Automobile.

Baca juga : 5 Cerita Sedih dan Aneh dari Binatang-binatang yang Dikirim ke Luar Angkasa

Hanya saja jika dibandingkan perusahaan mobil lain, pendapatan yang dicapai ketujuh perusahaan mobil China itu belum mampu menyamai para raksasa otomotif dunia. Diketahui posisi 1 hingga 3 perusahaan otomotif dunia masih dipegang oleh, berturut-turut, Volkswagen, Toyota dan Stellantis Group.

Masuknya tujuh perusahaan mobil China itu disebutkan Fortune terjadi karena masifnya strategi bisnis yang dijalankan. Ketujuh perusahaan mobil China itu tidak hanya menguasai pasar domestik China, mereka juga merambah pasar global.

Baca juga : Waspada, Mobil KIA dan Hyundai Ternyata Bisa Dicuri Bermodal USB

Perusahaan Mobil China Makin Berjaya, 7 Merek Masuk Daftar Fortune 500


Ambil contoh BYD yang saat ini justru mulai menjajaki pasar Eropa. BYD telah membuka dealer di Jerman, Belanda, dan Swedia. Mereka bahkan sangat percaya diri masuk ke Jepang yang kerap menutup mata pada mobil-mobil buatan China.

Kiprah BYD di Eropa bahkan semakin mencuri perhatian karena tahun ini mereka akan hadir di Paris Motor Show. Pameran mobil paling eksotis di Eropa itu akan digelar pada 17-23 Oktober 2022 nanti.

Di China BYD juga jadi kekuatan dominan karena menguasai pasar mobil listrik di negara tersebut. Tahun lalu sebanyak 700.000 mobil listrik buatan BYD telah terjual di China. Selama sembilan tahun belakangan, BYD telah menjadi penjual mobil listrik nomor satu di China.
(wsb)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2358 seconds (11.97#12.26)