Mobil Hybrid Honda CR-V e:HEV dan Accord e:HEV Punya 4 Komponen Rahasia, Ini Dia!

Selasa, 16 Agustus 2022 - 17:28 WIB
loading...
Mobil Hybrid Honda CR-V e:HEV dan Accord e:HEV Punya 4 Komponen Rahasia, Ini Dia!
Honda CR-V Hybrid dan Honda Accord Hybrid saat ini telah dipasarkan dan sukses diterima oleh konsumen di berbagai negara. Foto: dok HPM
A A A
JAKARTA - PT Honda Prospect Motor (HPM) menegaskan visi elektrifikasi di GIIAS 2022 lewat dua model kendaraan listrik. Yakni, Honda Accord e:HEV dan Honda CR-V e:HEV. Besar kemungkinan kedua model tersebut akan dipasarkan di Indonesia pada 2023 nanti.

Bahkan, pada 2024, PT HPM juga akan kembali mengenalkan model-model mobil yang akan diproduksi di Indonesia. Tapi, apa sebenarnya teknologi e:HEV yang dimiliki oleh Honda Accord dan CR-V?

Simbol ”e:” sendiri mengacu pada ”energy” dan “elektrifikasi” yang memberikan semangat (energize) untuk membuat hidup manusia lebih bahagia.

Business Innovation and Sales & Marketing Manager PT HPM Yusak Billy mengatakan, e:HEV adalah jembatan untuk mengenalkan teknologi elektrifikasi ke masyarakat.

”Pasti kita akan kesana (mobil listrik). ”Tapi, perlu jembatan melalui teknologi hybrid ini. Menurut kami, teknologi harus membuat orang bahagia. Jika tidak, maka bukan teknologi sesungguhnya,” ujar Billy.

Sistem e:HEV terdiri dari empat komponen utama. Nah, berikut fungsinya:

1. Atkinson Cycle Engine
Mesin Direct Injection, 4-cylinders DOHC i-VTEC yang menggunakan bahan bakar bensin. Pada sistem e:HEV, mesin ini berfungsi memberi tenaga kepada motor generator sehingga dapat menghasilkan daya listrik untuk menggerakkan motor drive, memberikan tenaga langsung ke roda saat berkendara di kecepatan tinggi, dan mengisi daya baterai.

2. Electronic CVT (e-CVT)
Putaran mesin kemudian diteruskan oleh motor generator yang berada di dalam e-CVT untuk menghasilkan daya listrik dengan efisiensi tinggi dan mengisi daya baterai. Sementara motor drive di dalam e-CVT berfungsi menyalurkan putaran ke roda dengan tenaga dan traksi yang tinggi, serta menghasilkan daya listrik saat deselerasi.

3. Power Control Unit.
Mobil Hybrid Honda CR-V e:HEV dan Accord e:HEV Punya 4 Komponen Rahasia, Ini Dia!

Kinerja motor pada E-CVT dikontrol oleh Power Control Unit yang juga sekaligus berfungsi untuk mengontrol kebutuhan listrik antara baterai dan motor.

BACA JUGA: All New Honda BR-V Jadi Car of The Year 2022, Temukan Alasannya di GIIAS 2022

4. Intelligent Power Unit
Daya listrik pada sistem e:HEV disimpan dalam Intelligent Power Unit yang menggunakan Lithium Ion Battery berkapasitas tinggi. Unit ini mempunyai kapasitas penyimpanan daya hingga 300V.
(dan)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1057 seconds (10.101#12.26)