Totalitas Astra Financial di GIIAS 2022 Permudah Akses Masyarakat ke Lembaga Keuangan

Minggu, 21 Agustus 2022 - 21:37 WIB
loading...
Totalitas Astra Financial di GIIAS 2022 Permudah Akses Masyarakat ke Lembaga Keuangan
Astra Financial ikut meramaikan ajang GIIAS 2022. Foto-foto/SINDONEWScom-Anton C.
A A A
JAKARTA - Ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIASS) 2022 tak sekadar sebagai ajang untuk pamer teknologi dan kendaraan bermotor model terbaru saja. Lebih dari itu, GIIAS 2022 juga dijadikan panggung untuk melakukan edukasi kendaraan listrik, termasuk sosialisasi kemudahan yang bisa didapatkan masyarakat dalam mengakses lembaga keuangan.

Hingga menjelang akhir pameran, suasana Indonesia Convention Exhibition (ICE), Bumi Serpong Damai (BSD) Tangerangmasih membludak. Suasana terlihat ramai, tak hanya di etalaseboothyang memajang mobil, tetapi juga di bagian dalamboothdimana para pengunjung mendapatkan pelayanan terkait harga hingga skema pembiayaan dan kemudahan yang akan didapatkan.

Ramainya pengunjung juga terlihat diboothDaihatsu di hall 5A yang mengusung konsepDaihatsu AwesomeVerse. Diboothseluas 1.480 meter persegi itu, Faisal Razaq, karyawan PT Astra International, Tbk.-Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) cabang Pondok Cabe tampak telaten menjawab pertanyaan para pengunjung. Bahkan, Faisal memberikanpenjelasan tentang harga mobil, bunga kredit, diskon, hingga asuransi secara detail. “Selama GIIAS 2022, untuk satu tahun 0,77%, dua tahun 1,77%, tiga tahun 2,77%. Sedangkan untuk lima tahun 4,77%,”ungkapnya saat ditemui diboothDaihatsu Sabtu (20/8/2022).

Dia pun mengungkapkan, selama pameran berlangsung, Daihatsu All New Xenia menjadi primadona para pengunjung. “Banyak yang SPK Xenia,”imbuhnya. Beragam kemudahan diberikan kepada pengunjung yang melakukan pemesanan di GIIAS. Termasuk pilihan pembiayaan apakah menggunakan Toyota Astra Finance (TAF) , Daihatsu Financial Services, maupun Astra Cerdit Companies (ACC).

Lembaga pembiayaan dibawah naungan Astra Financial itu juga memberikan pilihan asuransi all risk dan proteksi asuransi untuk debitur melalui Credit Protection. “Jadi ada asuransi kreditnya juga,”imbuh Dito, karyawan Daihatsu Financial Services BSD City di booth Daihatsu.

Astra Financial sendiri menegaskan komitmennya untuk mendukung pemulihan sektor otomotif melalui partisipasinya dalam acara GIIAS 2022. Astra Financial menghadirkan sembilan unit bisnisnya di ajang pameran tahunan itu. Yakni FIFGROUP, ACC, TAF, Asuransi Astra, Astra Life, AstraPay, Maucash, Moxa, dan SEVA.

Setiap unit bisnis menawarkan promo dan hadiah menarik selama perhelatan GIIAS Jakarta 2022. Tidak hanya itu, beragam aktivitas menarik lainnya juga hadir dan bisa dinikmati oleh seluruh pengunjung GIIAS Jakarta 2022 di setiap booth Astra Financial.

Kemudahan yang diberikan Astra Financial itu dirasakan oleh pengunjung yang membeli produk Daihatsu. “Cicilan terjangkau karena bunga murah. Beli mobil di Astra itu ibarat di supermarket, semua ada, termasuk asuransinya kendaraan dan asuransi debiturnya,”ungkap pria yang mengaku bernama Malik, 35, saat ditemui di booth Daihatsu.

Mengajak istri dan kedua anaknya, karyawan perusahaan swasta yang bermukim di Pamulang, Tangerang Selatan itu mengaku membeli Daihatsu All New Xenia tipe 1.3 R transmisi manual SC. “Mobil 1.300 cc irit, sebelumnya saya punya tipe yang penggerak belakang. Ingin ganti yang baru karena saat saya coba lebih nyaman,”ucapnya.

Sejatinya, kemudahan yang diberikan Astra Financial tak hanya dilakukan di ajang GIIAS 2022 saja, tetapi juga diluar pameran. Seperti yang dialami Doni yang pecan lalu membeli All New Daihatsu Xenia 1.3 R transmisi manual ADS seharga Rp240.200.000 on the road di dealer Daihatsu Radio Dalam, Jakarta Selatan.

Memanfaatkan platform SEVA yang ada di ekosistem Astra Financial, Donny Panji Saptono merasa membeli mobil saat ini semakin mudah. “Lihat di platform itu mobilnya apa saja, ada semacam rekomendasi. Tetapi saya tetap datang offline, aplikasi untuk referensi,”ungkap pria 45 tahun yang bermukim di Mutiara Gading Timur, Bekasi Timur itu.

Totalitas Astra Financial di GIIAS 2022 Permudah Akses Masyarakat ke Lembaga Keuangan


Dia pun menilai, beragam prosedur membeli mobil di ekosistem Astra Fianancial sangat mudah. Tak ditemuinya prosedur berbelit. “Saya menggunakan pembiayaan Astra Credit Companies (ACC) banyak diskon, prosedurnya pun tidak ribet. Untuk asuransinya Garda Oto, di cover juga juga asuransi kredit. Cicilan bisa saya bayar dengan Moxa atau AstraPay. Pekerjaan saya sebagai pemasok sayur hanya perlu memperlihatkan bukti transaksi, rekening koran. Beda dengan ambil kredit di bank, rumit,”urainya.

Dengan membayar down payment Rp57 juta, saat ini Donny sudah menikmati mobil barunya dengan nopol B 1434 DFW berwarna silver metallic itu untuk meunjang kegiatannya. “Mobil ini tidak untuk angkut sayuran, tapi untuk keluarga, antar istri dan anak,”paparnya.

Tak hanya pembiayaan mobil, Astra Financial juga membuka akses masyarakat untuk memenuhi impiannya memiliki motor. Melalui PT Federal International Finance (FIFGROUP) dengan layanan pembiayaan FIFASTRA mencatatkan penyaluran pembiayaan kepada lebih dari 320 Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) selama GIIAS Jakarta berlangsung dengan total nilai penyaluran pembiayaan sebesar Rp6,96 miliar hingga closing tanggal 20 Agustus 2022.
Nilai tersebut naik 65,32% dibanding pencapain GIIAS Jakarta 2021 yang hanya mencapai Rp4,21 miliar. Angka tersebut diperkirakan terus meningkat sampai dengan penutupan perhelatan GIIAS Jakarta pada 21 Agustus 2022.

Pertumbuhan juga dapat dilihat dari pencapaian penyaluran pembiayaan FIFGROUP kepada 320 SPK pada GIIAS Jakarta 2022 per closing (penutupan) tanggal 20 Agusuts 2022, dimana angka tersebut naik 48,15% dibanding perhelatan GIIAS Jakarta 2021 yang hanya mencapai 216 SPK. FIFGROUP juga berhasil mendapatkan pencapaian rata-rata sebesar 1190% setiap harinya sejak pembukaan booth GIIAS pada tanggal 11 Agustus 2022.



Mendukung Industri Otomotif

Totalitas Astra Financial dalam mempermudah akses masyarakat kepada lembaga keuangan itu diapresiasi Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Yohannes Nangoi. Menurut dia, saat ini, 90% masyarakat membeli mobil didukung oleh lembaga pembiayaan. “Tanpa ada pembiayaan tentu pasti berpengaruh terhadap industri. Karenanya, dukungan Astra Financial di GIIAS sangat membantu,”tegasnya.

Hal senada diungkapkan, Kepala Eksekutif Pengawas Perasuransian, Dana Pensiun, Lembaga Pembiayaan, dan Lembaga Jasa Keuangan Lainnya yang juga Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Ogi Prastomiyono.

Saat ditemui di area pameran GIIAS 2022, dia mengungkapkan, pertumbuhan multifinance sangat baik di tengah kondisi ekonomi nasional masih dalam masa pemuliham. OJK, lanjut dia, mendorong segmen multifinance lebih sehat, kuat dan sustainable. “Untuk Astra Financial Group kami berterima kasih,dan kami berharap Astra financial menjadi lokomotif bagi yang lain. Terlebih Astra Financial punya asuransi, fintech, kita (OJK) berharap bisa jadi contoh bagi yang lain,”tegasnya.

Ogi menilai, Astra Financial memiliki risk manajemen, tata kelola yang baik, dan dikelola oleh para manajemen yang profesional. “Masyarakat tentunya datang ke pameran memerlukan pembiayaan. Kami pun mendorong lembaga pembiayaan untuk memberikan kemudahan fasilitas bagi masyarakat untuk mendapatkan pembiayaan, dan Astra Financial memiliki ekosistem yang kuat,”tegasnya.

Sedangkan Direktur Center of Economic and Law Studies (Celios) Bhima Yudhistira menilai, peran lembaga pembiayaan seperti Astra Financial sangat diperlukan masyarakat. Terlebih yang menghadirkan kemudahan bagi masyarakat. “Sekarang ini era digital, dengan dukungan platform digital tentu akan semakin mempermudah akses masyarakat,”tegasnya saat dihubungi melalui sambungan telepon.

Sementara Director-In-Charge Astra Financial Suparno Djasmin menegaskan, di GIIAS 2022, Astra Financial mengusung tema dari “Spirit of Future” yang selaras dengan tema GIIAS 2022 “Future is Bright”. Tema tersebut menonjolkan semangat optimisme Astra Financial dalam menatap masa depan dengan hadir sebagai mitra keuangan bagi kesejahteraan masyarakat Indonesia dan memberikan dukungan untuk terus bergerak ke arah yang lebih baik serta memberikan manfaat demi membangun Indonesia yang lebih maju khususnya di bidang otomotif.

“Tema Spirit of Future yang diusung oleh Astra Financial menegaskan misi kami untuk menjadi mitra keuangan bagi kesejahteraan masyarakat Indonesia, tidak terkecuali para pelaku industri otomotif,” tegas Abong, sapaan akrab Suparno Djasmin.

Abong menambahkan, Astra Financial senantiasa berkomitmen mendukung industri otomotif dengan kembali menjadi Sponsor Platinum GIIAS 2022. Tahun ini merupakan tahun ke empat bagi Astra Financial menjadi Sponsor Platinum secara berturut-turut.

Untuk menyukseskan pameran pada tahun ini, Astra Financial melalui 9 unit usahanya menawarkan berbagai promo menarik bagi para pengunjung GIIAS. Selain layanan keuangan yang mudah, cepat, dan aman, para pengunjung ditawarkan berbagai promo, perlindungan asuransi, dan berbagai program menarik lainnya.



Tak Sekadar Membiayai Kendaraan Bermotor

Astra Financial tak sekadar membantu masyarakat dalam mengakses pembiayaan kendaraan bermotor. Lebih dari itu, Astra Financial juga memberikan dukungan kepada sektor lainnya, termasuk kalangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan penyandang disabilitas.

Melalui prohram i Care i Share Astra Financial mengajak pengunjung GIIAS 2022 untuk berkontribusi membantu pelaku UMKM yang merupakan penyandang disabilitas melalui games dan hiburan di seluruh booth Astra Financial. Bantuan yang diberikan berupa dana bergulir tanpa bunga yang diharapkan dapat mendukung kegiatan usaha dari teman-teman penyandang disabilitas.

Pengunjung GIIAS dapat berpartisipasi dalam program ini hanya dengan mengikuti 3 games di booth Astra Financial dan kemudian mengunggah foto kegiatan tersebut ke media sosial masing-masing. Setiap foto yang diunggah akan dikonversikan menjadi dana senilai Rp100.000. Dengan cara tersebut, Astra Financial tidak hanya mendukung UMKM disabilitas tetapi juga mengajak pengunjung GIIAS untuk berbagi kepada sesama dengan cara yang menyenangkan.

GFC Leader Communication & ESG Astra Financial Yulian Warman menegaskan, pada GIIAS 2022, Astra Financial menargetkan untuk menyalurkan dana sebesar Rp100 juta dalam program i Care i Share. Dana tersebut akan digunakan untuk pemberdayaan dan kegiatan pelatihan yang bisa mendorong UMKM teman-teman difabel menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Pada tahun sebelumnya, i Care i Share GIIAS 2021 telah memberdayakan UMKM disabilitas yang dilakukan dengan berfokus pada tiga pilar utama CSR Astra Financial. Pada pilar pertama, Astra Financial menyalurkan bantuan dana bergulir untuk pengembangan usaha UMKM. “Kemudian dilanjutkan dengan memberikan program fasilitas berupa pelatihan pengembangan bisnis UMKM agar dapat lebih maju dan mandiri. Setelah itu, UMKM tersebut juga akan dibantu untuk terhubung dengan komunitas UMKM disabilitas agar dapat memberikan dampak sosial yang lebih luas,”papar Yulian dikutip dari keterangan resmi Astra Financial.

Program i Care i Share telah menyalurkan dana bantuan tunai kepada UMKM Car Wash milik Hilmi yang juga merupakan penyandang disabilitas pada tahun 2019. Dana tersebut digunakan untuk mendukung usaha tempat cuci mobil melalui dukungan fasilitas yang lebih memadai. Selain itu di tahun 2021, Astra Financial melalui program i Care i Share juga menyalurkan dana bantuan kepada Pertuni yang digunakan sebagai modal usaha berjualan kerupuk.

Melalui program i Care i Share, Astra Financial berharap dapat memberikan dampak positif bagi seluruh masyarakat Indonesia, khususnya dalam pemberdayaan ekonomi kreatif. Program tersebut sejalan dengan visi Astra Financial yaitu untuk terus bisa menjadi mitra bagi kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Sedangkan FIFGROUP melakukan penyaluran program dana bergulir, di mana pada tahun ini perusahaan menargetkan penyaluran pinjaman modal usaha tanpa bunga tersebut kepada 550 pelaku Usaha, Mikro, Kecil, dan Menengah. Program tersebut telah berhasil terlaksana, di mana PT FIF berhasil mencatatkan penyaluran kepada 604 pelaku UMKM di seluruh Indonesia.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3361 seconds (0.1#10.140)