Cara Menghilangkan Bunyi Pada Kaki Mobil, Wajib Tahu!

Jum'at, 26 Agustus 2022 - 09:42 WIB
loading...
Cara Menghilangkan Bunyi Pada Kaki Mobil, Wajib Tahu!
Cara menghilangkan bunyi pada kaki-kaki mobil penting untuk diketahui. Foto: Sindonews/Danang Arradian
A A A
JAKARTA - Cara menghilangkan bunyi pada kaki-kaki mobil cukup banyak. Dan, semuanya penting diketahui. Sebab, kaki-kaki mobil seperti ban menjadi alat paling penting agar mobil bisa bergerak dengan baik.

Namun, hal itu akan terhambat apabila suara bunyi yang disebabkan oleh ban mobil mengganggu kenyamanan. Biasanya, bunyi yang ditimbulkan tergantung pada jenis dan model kendaraan. Juga, seberapa besar suara bunyi itu terdengar. Yang perlu diketahui, apabila ban mobil Anda menimbulkan bunyi cukup menganggu, biasanya disebabkan oleh beberapa faktor.

Pertama, bisa jadi penyebab bunyi pada ban mobil adalah kurangnya tekanan udara pada ban. Biasanya, tekanan udara ideal untuk ban mobil dikisarkan 29 sampai 33 Psi untuk mobil berjenis sedan, sedangkan untuk mobil penumpang/keluarga ada diantara 34 sampai 36 Psi.

Selanjutnya, bisa terjadi di mobil yang memiliki pegas berbentuk lempeng panjang seperti daun pandan atau biasa disebut dengan per. Biasanya per ini terletak pada roda mobil yang memiliki bobot cukup besar. Maka, jangan heran apabila per daun hanya ditemukan pada kendaraan seperti truk atau mobil niaga.

Bunyi yang di timbulkan oleh mobil dapat di sebabkan akibat kurangnya pelumas pada per daun itu. Nah, cara mengurangi bunyi pada ban mobil bisa dilakukan dengan cara seperti ini:

1. Ganti Ban
Apabila Anda membeli ban mobil baru, ban diukur dalam takaran desibel. Informasi itu tedapat pada label yang ada di ban mobil. Artinya, Anda dapat memutuskan ukuran ban mana yang menjadi pilihan sempurna untuk mobil Anda.

2. Bersihkan Belt Mobil
Anda dapat membersihkan belt mobil dengan cara menyemprotkan cairan air yang telah bercampur sabun. Ini adalah solusi cepat apabila ingin menghilangkan bunyi pada mobil.

3. Pastikan Tekanan Udara Cukup
Anda harus memastikan tekanan udara di ban mobil sudah benar. Biasanya kebisingan ban mobil akan timbul karena ban yang aus dan tidak merata. Oleh karena itu, Anda harus rutin melakukan pengecekan udara/angin pada ban mobil. Hal ini bertujuan agar gesekan antar permukaan ban dengan aspal tidak menimbulkan bunyi.

4. Cek Bearing
Dongkrak roda depan, lalu putar dan goyangkan keatas dan kebawah. Jika terdengar bunyi, maka bearing memiliki masalah dan harus segera diganti. Jadi, jika Anda memiliki masalah pada ban mobil yang bunyi sebaiknya bisa langsung dikonsultasikan dengan teknisi yang bertugas di tempat service mobil.

MG/Khansa Novriandra
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2755 seconds (0.1#10.140)