Pertarungan SUV 7 Kursi Makin Sengit, Ini yang Bikin Pajero Sport Disukai konsumen.

Senin, 29 Agustus 2022 - 10:18 WIB
loading...
Pertarungan SUV 7 Kursi Makin Sengit, Ini yang Bikin Pajero Sport Disukai konsumen.
Mitsubishi Pajero Sport saat ini menguasai market share segmen pasar mobil SUV. Foto/DOK. MMKSI
A A A
JAKARTA - Pertarungan SUV 7 kursi ladder frame makin sengit belakangan ini. Apa yang ditawarkan Mitsubishi Pajero Sport dibanding kompetitor? Saat ini pertarungan SUV 7 kursi ladder frame memang tinggal menyisakan Mitsubishi Pajero Sport dan Toyota Fortuner. Chevrolet Trailblazer sudah cukup lama mengucap selamat tinggal pada konsumen Indonesia.

Isuzu mu-X justru ogah bertarung di kelas yang sama. Alih-alih bermain di segmen retail, Isuzu mu-X menyasar pasar bisnis yang memang butuh mobil SUV 7 kursi spesifikasi khusus. Akhirnya tinggal Mitsubishi Pajero Sport dan Toyota Fortuner yang saling adu sikut sekarang.

Berkaca dari penjualan terakhir di Juli 2022, berdasarkan data GAIKINDO, pertarungan Mitsubishi Pajero Sport dan Toyota Fortuner memang sangat ketat. Hanya saja Mitsubishi Pajero Sport masih bisa jumawa karena terjual sebanyak 2.083 unit di Juli 2022 lalu. Sebaliknya Toyota Fortuner terjual di angka 1.400 unit.

Tentu hal itu jadi hal menarik karena dari segi harga antara Mitsubishi Pajero Sport dan Toyota Fortuner memang tidak terlalu berbeda. Diketahui Mitsubishi Pajero Sport terdiri dari enam varian dengan harga yang berbeda. Keenamnya adalah Mitsubishi Pajero Sport Exceed (4x2) MT di harga Rp529,6 juta, Mitsubishi Pajero Sport GLX (4x4) MT di harga Rp554 juta, Mitsubishi Pajero Sport Exceed (4x2) AT di harga Rp544,8 juta, Mitsubishi Pajero Sport Dakar (4x2) AT di harga Rp603,2 juta, Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate (4x2) di harga Rp652,8 juta dan Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate (4x4) AT di harga Rp712,5 juta.



Pertarungan SUV 7 Kursi Makin Sengit, Ini yang Bikin Pajero Sport Disukai konsumen.


Sementara Toyota Fortuner kurang lebih memiliki konfigurasi harga yang sedikit sama yakni dimulai dari Rp545,3 juta untuk Toyota Fortuner 2.4 G (4x2) MT, Rp563 juta untuk Toyota Fortuner 2.4 G AT (4x2), Rp584,7 juta untuk Toyota Fortuner 2.7 GR Sport AT (4x2), Rp620 juta buat Toyota Fortuner 2.8 GR Sport AT (4x2), Rp602,9 juta untuk Toyota Fortuner 2.8 VRZ AT (4x2) dan Rp710,4 juta buat Toyota Fortuner 2.8 GR Sport AT (4x4).

Lalu apa yang membuat Mitsubishi Pajero Sport begitu diminati? Herry Wibowo, Sales Supervisor PT Batavia Bintang Berlian, dealer Mitsubishi di Jakarta, mengatakan dari segi desain Mitsubishi Pajero Sport terlihat lebih berwibawa. Faktor tampilan itu dia yakini jadi salah satu faktor utama.

"Desainnya memang lebih matang dibanding yang lain. Apalagi ada kesatuan desain dengan model Mitsubishi lainnya yakni sama-sama Dynamic Shield. Jadi semua orang langsung tahu ini mobil Mitsubishi," jelasnya.

Selain itu faktor fitur juga sangat mendorong masyarakat tertarik memiliki Mitsubishi Pajero Sport. Sebut saja 4 sensor di depan dan 4 sensor di belakang yang berfungsi sebagai fitur keamanan. Kemudian salah satu fitur unggulannya ada Active Stability and Traction Control (ASTC).



Pertarungan SUV 7 Kursi Makin Sengit, Ini yang Bikin Pajero Sport Disukai konsumen.


Selanjutnya fitur Ultrasonic Miss-acceleration Mitigation System (UMS). Fitur ini sangat berguna jika tiba-tiba panik hendak melakukan pengereman tapi malah menekan pedal gas. Urusan pengereman, Pajero Sport juga dilengkapi Electronic Brake Distribution. Sehingga pengereman mobil dapat lebih aman dan nyaman karena distribusi pengereman diatur secara elektronis.

"Sekarang juga karena sudah Euro 4 ada penambahan baru seperti Auto Light, Auto Wiper dan Auto Dimming. Terus dilengkapi pula dengan On/Off Switch, bersama Multi Around Monitor, Both Side View dan Transparent Front Side View," jelasnya.

Fitur-fitur melimpah inilah yang membuat Mitsubishi Pajero Sport tetap diburu meski harganya sudah lebih dari setengah miliar. Pasalnya ada nilai lebih yang didapatkan konsumen selain tampilan yang keren.

“Mitsubishi New Pajero Sport merupakan model yang dikembangkan dengan mempertimbangkan masukan dari konsumen di seluruh dunia, termasuk Indonesia sebagai salah satu pasar terpenting MMC di Kawasan ASEAN, guna menyesuaikan keinginan dan kebutuhan konsumen," jelas Naoya Nakamura, President Director PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI).
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1265 seconds (0.1#10.140)