Cara Oper Gigi Mobil Manual yang Halus Dijamin Tidak Loncat

Jum'at, 02 September 2022 - 13:56 WIB
loading...
Cara Oper Gigi Mobil Manual yang Halus Dijamin Tidak Loncat
Cara oper gigi mobil manual. FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - Cara oper gigi mobil manual merupakan salah satu hal penting yang harus dipahami bagi para pengguna mobil manual.

Harga yang relatif lebih murah dibandingkan mobil matic membuat sebagian orang masih memilih untuk menggunakan mobil manual.

BACA JUGA - Cara Perawatan Mobil Transmisi Manual dan Matik

Namun tentunya mobil matic maupun manual memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Jika pada mobil matic lebih mudah penggunaanya dengan harga yang relatif mahal, maka pada mobil manual harga relatif murah tetapi penggunaanya sedikit lebih sulit karena pengemudi harus menekan kopling, mengatur kecepatan dan memindahkan gigi secara bersamaan.

Namun hal inilah yang menjadi tantangan bagi para pengguna mobil manual. Jika mereka mampu melakukannya dengan halus maka hal ini akan menjadi pengalaman yang seru selama berkendara.

Nah gimana sih cara oper gigi halus pada mobil manual? yuk disimak.

1. Atur waktu oper gigi dengan tepat

Untuk dapat oper gigi pada mobil manual secara halus kita memerlukan waktu yang lebih tenang dan tidak terburu-buru. Hal ini karena ada beberapa tahap yang dilakukan bergantian agar dapat memindahkan gigi dengan halus yaitu, melepas throttle, menekan kopling, mengganti gigi, mengangkat kopling dan dilanjutkan dengan menekan throttle.

Maka jika anda melakukannya dengan terburu-buru memungkinkan anda melupakan tahapan tersebut yang menyebabkan mobil tersentak.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1103 seconds (10.177#12.26)