Mobil MPV Paling Irit di Indonesia yang Tak Bikin Galau Saat BBM Naik

Senin, 05 September 2022 - 18:00 WIB
loading...
Mobil MPV Paling Irit di Indonesia yang Tak Bikin Galau Saat BBM Naik
Mobil MPV paling irit di Indonesia datang dari berbagai merek mobil. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Mobil MPV paling irit di Indonesia ini tak bikin galau saat harga Bahan Bakar Minyak (BBM) naik . Terhitung Sabtu (3/9/2022) lalu, pemerintah telah mengumumkan kenaikan harga BBM subsidi.

Kenaikan tersebut cukup besar dimana Pertalite yang semula ada di harga Rp7.500 per liter kini jadi Rp10.000 per liter. Begitu juga dengan Pertamax yang awalnya ada di harga Rp12.500 per liter kini jadi Rp14.500 per liter. Solar subsidi yang awalnya Rp5.150 per liter kini jadi Rp6.800 per liter.

Tentunya kenaikan harga BBM itu akan membuat biaya mengendarai kendaraan bermotor jadi lebih mahal dari biasanya. Meski di saat yang bersamaan saat ini banyak pabrikan mobil di Indonesia selalu berupaya membuat kendaraan yang memang efisien dalam mengonsumsi bahan bakar.

Pasalnya dalam setiap riset dan pengembangan produk baru, masyarakat Indonesia selalu mengutamakan beberapa faktor dalam memilih mobil baru. Misalnya kemampuan daya angkut yang lebih besar hingga konsumsi bahan bakar yang efisien.

Ambil contoh Suzuki Ertiga Hybrid yang diluncurkan di Indonesia beberapa waktu lalu. PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) membawa teknologi hybrid ke Suzuki Ertiga karena memang masyarakat menjadikan efisiensi bahan bakar sebagai pertimbangan.



Lalu berapa iritnya sih Suzuki Ertiga Hybrid dan mobil-mobil MPV lainnya? Yuk cermati daftar mobil MPV di bawah ini yang hasil konsumsi bahan bakarnya pernah diuji oleh situs Car Listing, Carmudi dan klaim produsen mobil itu sendiri:

1. Suzuki Ertiga Hybrid
Mobil MPV Paling Irit di Indonesia yang Tak Bikin Galau Saat BBM Naik


Suzuki Ertiga generasi sebelumnya sudah termasuk irit karena memiliki tingkat konsumsi BBM 15 kilometer per liter yang merupakan klaim perusahaan. Ditambah teknologi mild hybrid, Suzuki Ertiga Hybrid diyakini bisa lebih baik lagi konsumsi BBM-nya.

Dalam test drive Suzuki Ertiga Hybrid Malang-Surabaya, Jawa Timur beberapa waktu lalu hasilnya cukup bervariasi. Dipastikan konsumsi BBM di atas 15 kilometer per liter. Untuk transmisi manual, Suzuki Ertiga Hybrid punya efisiensi BBM 34,2 kilometer per liter. Untuk transmisi otomatis ada di 28,07 kilometer per liter.

Untuk catatan, angka itu merupakan capaian adu irit yang diikuti sejumlah media. Namun, Anda tentu bisa mendapatkannya juga dengan melakukan cara-cara mengemudi yang sama.

2. Toyota Avanza
Mobil MPV Paling Irit di Indonesia yang Tak Bikin Galau Saat BBM Naik


Mobil MPV selanjutnya yang diketahui paling irit konsumsi BBM adalah Toyota Avanza. Nama besar Toyota Avanza rasanya tak perlu diragukan lagi.

Banyak orang sudah membuktikan ketangguhan mesin dan keiritan konsumsi BBM mobil ini. Mobil yang ditawarkan dengan dua pilihan mesin ini punya konsumsi BBM yang baik.

Mesin pertama berkode 1NR-VE dengan kapasitas 1.329 cc, 4 silinder, DOHC, Dual VVT-i. Mesin kedua berkode 2NR-VE berkapasitas 1.496 cc, 4 silinder, DOHC, Dual VVT-i.

Konsumsi BBM untuk mesin 1.3 berdasarkan pengujian ada di kisaran 1:11-14 km/liter. Tentunya angka tersebut didapat untuk pemakaian rute kombinasi selama berkendara di dalam kota.

Untuk pemakaian luar kota, angka konsumsinya bisa sedikit lebih baik. Sedangkan untuk mesin 1.5, konsumsi BBM-nya ada di kisaran 1:9,8-12 km/liter untuk pemakaian rute kombinasi di dalam kota.

3. Mitsubishi Xpander
Mobil MPV Paling Irit di Indonesia yang Tak Bikin Galau Saat BBM Naik


Sebagai penantang baru, Mitsubishi Xpander mampu merangsek ke dalam jajaran MPV dengan konsumsi BBM paling irit. Mobil yang pertama kali diperkenalkan ke Indonesia pada 2017 silam ini terkenal punya mesin mumpuni.

Mitsubishi Xpander dibekali mesin dengan kode 4A91 berkapasitas 1.499 cc, 4 silinder, dengan teknologi MIVEC. Tenaga yang dihasilkan mesin ini mencapai 103 hp @6.000 rpm dengan torsi maksimum di angka 141 Nm @4.000 rpm.



Tenaga tersebut tentunya disalurkan ke roda depan menggunakan dua macam pilihan transmisi yakni manual 5 percepatan dan otomatis 4 percepatan.

Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan Carmudi, ternyata mobil ini mampu mencatatkan konsumsi BBM di angka 1:18 km/liter. Angka tersebut didapatkan dari perjalanan rute tol di sekitaran Jabodetabek.

Selama melakukan pengetesan, gaya berkendara yang digunakan pun memakai metode ECO driving. Hal tersebut dilakukan untuk mendapatkan hasil yang maksimal di dalam pengujian konsumsi BBM.

4. Hyundai Stargazer
Mobil MPV Paling Irit di Indonesia yang Tak Bikin Galau Saat BBM Naik


Hyundai Stargazer adalah salah satu MPV paling baru di Indonesia dan tengah naik daun. Dalam sesi pengujian baru-baru ini di kawasan Jawa Timur ke Jawa Tengah beberapa media diperkenankan melakukan pengujian konsumsi bahan bakar.

Hasilnya pun menarik karena dengan cara mengemudi yang apa adanya konsumsi BBM Hyundai Stargazer sanggup menorehkan angka konsumsi BBM 4,6 liter per 100 kilometer pada layar MID, atau sekitar 21,74 kilometer per liter.

Sementara bila mobil sering diajak ngebut, seboros-borosnya angka konsumsi BBM yang tertera di MID masih bisa meraih 8,2 liter per 100 kilometer atau sama dengan 12,19 kilometer per liter.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2556 seconds (0.1#10.140)