Ingin Jadi Mekanik Bengkel Besar? Pastikan Penuhi 4 Syarat Ini!

Senin, 05 September 2022 - 11:52 WIB
loading...
Ingin Jadi Mekanik Bengkel Besar? Pastikan Penuhi 4 Syarat Ini!
Menjadi mekanik di bengkel otomotif bergengsi saat ini semakin menantang. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Teknisi, montir, atau mekanik merupakan salah satu profesi yang masih sangat digemari di Indonesia. Itu terbukti dari banyaknya Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang tersebar di seluruh penjuru negeri.

Industri otomotif yang terus berkembang di Tanah Air juga membuat profesi ini sangat dibutuhkan. Namun, untuk menjadi seorang mekanik handal bukan hal yang mudah dan memerlukan jam terbang tinggi.

Mempelajari mengenai dunia otomotif saat masih berada di bangku SMK menjadi hal yang sangat penting sebelum terjun ke dunia kerja. Demikian disampaikan Technical Support Nasional Auto2000 Agus Mustafa.

Menurut Agus Mustafa, berikut syarat yang diperlukan untuk menjadi seorang mekanik di bengkel-bengkel besar dan memiliki peluang untuk adu ketangkasan dengan teknisi dari berbagai dunia:

1. Menyukai otomotif
Ini menjadi syarat paling dasar bagi seseorang yang ingin menjadi mekanik. Ia harus tertarik dengan semua hal yang berkaitan dengan otomotif.

Itu akan mendorong orang tersebut mendalami sesuatu, dan akan memberikan wawasan lebih luas tentang komponen apa saja yang terdapat pada mobil. ”Saya sudah dapat gelar Master, tapi tetap harus belajar setiap tahun untuk menjaga gelar tersebut. Teknologi semakin berkembang, jadi saya harus menambah ilmu lagi dan belajar tentang sesuatu yang baru,” kata Agus.

2. Mempelajari mesin dan suku cadang
Mengenal setiap bagian mesin dan suku cadang pada mobil sangat penting dimiliki bagi seseorang yang ingin menjadi mekanik. Sebab, ada ribuan komponen yang harus mereka ingat namanya agar tidak ada kesalahan ketika melakukan perbaikan.

Mempelajarinya saat masih duduk di bangku SMK menjadi hal terbaik, karena ada banyak waktu untuk mengingat seluruh komponen tersebut. Agus menuturkan, seorang lulusan SMK yang baik dapat terlihat ketika dapat menjelaskan apa saja yang terdapat pada mobil dengan lancar.

3. Mengikuti training di bengkel resmi
Beberapa perusahaan kerap membuka pelatihan khusus untuk para mekanik yang merasa dirinya siap untuk terjun ke dunia kerja, khususnya menjadi teknisi.

Bahkan Auto2000 juga memiliki sekolah tinggi khusus hingga Diploma 3 (D3) yang dapat meningkatkan kemampuan para mekanik sehingga lebih siap ketika terjun ke dunia kerja.



4. Sertifikasi
Ini hal terakhir yang dapat membantu meyakinkan perusahaan ketika seorang mekanik ingin melamar pekerjaan. Memiliki sertifikat menandakan mereka memang berkompeten di bidang tersebut.

Namun, Agus menandakan sertifikat tidak begitu dibutuhkan bagi mereka yang ingin melamar pekerjaan sebagai mekanik di Auto2000. Menurutnya, dari proses wawancara sudah dapat diketahui apakah pantas bergabung atau tidak menjadi seorang mekanik.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2655 seconds (0.1#10.140)