Ini 5 Tanda Motor Boros Bensin

Selasa, 06 September 2022 - 12:43 WIB
loading...
Ini 5 Tanda Motor Boros Bensin
Penggunaan bahan bakar sudah pasti menjadi perhatian utama dalam pemakaian sepeda motor. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Penggunaan bahan bakar sudah pasti menjadi perhatian utama dalam pemakaian sepeda motor. Ada dua jenis bahan bakar yang biasa digunakan sepeda motor , yaitu pertalite hingga pertamax.

Penggunaan bahan bakar disesuaikan dengan jenis motornya agar pemakaian tidak boros dan tidak menimbulkan kerusakan pada komponen lain. Berikut 5 tanda sepeda motor boros bahan bakar.

1. Busi Hitam Pekat
Busi motor berfungsi untuk membantu proses pembakaran, dengan memberikan percikan api untuk membakar campuran udara dengan bahan bakar di ruang bakar mesin. Pada motor yang boros ditandai dengan warna busi yang hitam pekat.

Baca juga; Penyebab Busi Motor Hitam dan Basah yang Bikin Mesin Susah Hidup

Ini disebabkan pembakaran dalam mesin motor tidak sempurna. Bahan bakar yang masuk melebihi takaran standar dan bercampur dengan udara. Akibatnya aliran bensin dari karburator mengalir deras, karena klepnya yang renggang.

2. Asap Putih Tebal dari Knalpot
Aliran bensin hasil pembakaran yang mengalir dari karburator dan mengalir deras karena klep yang renggang juga pemicu asap knalpot berwarna putih tebal. Hal ini juga mengakibatkan pemborosan bahan bakar karena penggunaan yang melebihi takaran.

3. Sering Mengisi Bahan Bakar
Pengisian bahan bakar motor dalam jangka waktu yang berdekatan, menjadi hal paling mudah untuk dikenali ketika motor boros bahan bakar. Jadi apabila terlalu sering mengisi bahan bakar, perlu waspada dan segera perbaiki kerusakan sebelum makin parah.

Baca juga; BBM Naik, Segini Perbandingan Harga BBM Pertamina, Vivo, dan Shell

4. Rem Motor Sangat Kencang
Rem cakram yang kencang pada motor menyebabkan kendaraan menggunakan tenaga lebih besar untuk dapat menggerakan roda. Akibatnya mesin pada motor cepat panas sehingga membutuhkan bahan bakar yang lebih banyak. Rem cakram yang seret pada motor diakibatkan kurangnya membersihkan motor sehingga kotoran-kotoran yang berada di sekitar rem berkerak dan menempel.

5. Bau Bensin yang Menyengat
Tangki bensin yang bocor pada motor menjadi penyebab bau bensin menyengat karena bahan bakar yang terbuang sia-sia. Tidak hanya itu, bensin yang bocor sangat berbahaya untuk lingkungan. Selain licin, bensin juga merupakan cairan yang mudah terbakar. Bau bensin yang terus berada di sekitar motor harus segera diperhatikan agar pemborosan pada bahan bakar tidak berlanjut.

MG/Ni Made Susilawati
(wib)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1184 seconds (11.97#12.26)