Seberapa Irit Konsumsi Bahan Bakar Hyundai Stargazer?

Rabu, 07 September 2022 - 19:58 WIB
loading...
Seberapa Irit Konsumsi Bahan Bakar Hyundai Stargazer?
Hyundai Stargazer diuji untuk mendapatkan konsumsi BBM paling irit sesuai MID. Foto: SINDOnews/Syifa Fauziah
A A A
MALANG - Hyundai Stargazer menjadi low MVP pertama Hyundai untuk mobil keluarga, sekaligus varian Hyundai termurah. Mobil tersebut menghadirkan banyak fitur canggih yang bisa memenuhi kebutuhan pengguna selama berkendara. Hyundai juga mengklaim bahwa Stargazer memiliki konsumsi bahan bakar yang sangat irit.

Technical Expert PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) Sugiartono mengatakan, mobil ini termasuk yang paling irit. Sebab, Hyundai Stargazer menggunakan mesin bensin Smartstream G 1.5 yang juga digunakan pada Hyundai Creta. Dalam acara Stargazer Driving Day, A Journey with The Star, Sugiartono juga memberikan tips untuk menjaga konsumsi bahan bakar tetap irit.

“Pertama, gunakan mode Eco saat berkendara. Lalu, hindari penggunaan AC yang berlebihan,” ucapnya kepada media dalam acara Stargazer Driving Day, A Journey with The Star, Rabu (7/9).

Selain itu, hindari akselerasi dan deselerasi instan. “Gunakan kecepatan konstan antara 70-80 km per jam. Jangan lebih atau kurang agar tidak banyak bahan bakar yang terbuang,” lanjutnya.

Dan terakhir, minimalisir penggunaan kelistrikan. Sebab, itu juga sangat berpengaruh pada pembakaran BBM. “Saat ingin irit BBM jangan gunakan kelistrikan seperti head unit, pengecasan dengan power outlet, USB, atau wireless,” terangnya.

SINDOnews berkesempatan untuk menguji seberapa irit BBM Hyundai Stargazer di jalan tol Malang ke Solo. Uji irit itu dilakukan tepatnya dari rest area KM 626 B menuju rest area KM 519 B.

Seberapa Irit Konsumsi Bahan Bakar Hyundai Stargazer?

Pertama yang kami lakukan adalah dengan mengubah mode Eco, kemudian melaju di kecepatan 60-70 km per jam. Awalnya SINDOnews menyalakan AC. Namun di tengah perjalanan, AC dimatikan untuk menguji keiritan bahan bakar .

Dalam satu mobil diisi 3 orang dengan berat sekitar 330 kg. Untuk memenuhi muatan, mobil juga dimuat dengan delapan karung beras di dalam bagasi.

Mengunakan kecepatan 60-65 km per jam, estimasi waktu sekitar 1,5 jam. Selama perjalanan itu melewati jalan yang menanjak dan turunan. Namun SINDOnews harus mendapatkan kecepatan yang stabil.



Sesampainya di KM 519 B, Stargazer yang kendarai SINDOnews mencatat angka konsumsi BBM hingga 27,7 km per liter. Bahkan pada unit lain bisa mencapai 30 km per liter di layar MID.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2433 seconds (0.1#10.140)