Intip Kecanggihan Fitur Keamanan Aktif di Hyundai Stargazer

Rabu, 07 September 2022 - 20:40 WIB
loading...
Intip Kecanggihan Fitur Keamanan Aktif di Hyundai Stargazer
Hyundai Stargazer disematkan oleh fitur keamanan aktif Hyundai Smartsense. Foto: Sindonews/Syifa Fauziah
A A A
MALANG - PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) mengajak media menuju Surabaya, Malang, dan Solo untuk mencoba kecanggihan LMPV terbaru Hyundai Stargazer. Acara bertajuk Stargazer Driving Day, A Journey with The Star itu digelar pada 5-7 September 2022.

Salah satu yang menarik perhatian SINDOnews adalah berbagai fitur yang dihadirkan di unit ini. Yakni fitur keamanan Hyundai Smartsense. Fitur tersebut dicoba saat SINDOnews dan rombongan menuju Golden Tulip di Batu, Malang untuk beristirahat sejenak dan menikmati coffee break.

Selama perjalanan menuju lokasi, SINDOnews merasakan pengalaman menggunakan fitur Hyundai Smartsense. Salah satu fitur Hyundai Smartsense adalah Lane Keeping Assist (LKA). Fitur ini dirancang untuk mendeteksi marka jalan atau tepian jalan saat berkendara di atas kecepatan tertentu.

Hyundai Smartsense juga akan memperingatkan pengemudi jika kendaraan menjauh dari jalur tanpa menggunakan lampu sein atau secara otomatis akan membantu pengemudi untuk mencegah kendaraan keluar jalur.

SINDOnews sempat mencoba ke arah jalur yang melewati marka jalan, kemudian sensor pada fitur tersebut menyala dan otomatis kemudi mengarahkan ke jalur tengah.

Fitur ini disebut juga dengan Lane Following Assist (LFA), yang mampu membantu mendeteksi marka jalur dan atau kendaraan di jalan, serta ikut mengarahkan roda kemudi untuk menjaga kendaraan di jalurnya.

Selanjutnya ada juga fitur keselamatan lainnya seperti Blind-Spot Collision-Avoidance Assist (BCA), Rear Cross Traffic Collision Avoidance Assist (RCCA), Rear View Monitor (RVM), Safe Exit Warning (SEW), Driver Attention Warning (DAW) dan High Beam Assist (HBA).

Pengalaman SINDOnews menggunakan Stargazer saat memanfaatkan fitur keamanannya terbilang aman dan nyaman. Karena mobil baru, mobil itu memang sangat responsif, salah satunya adalah fitur Forward Collision-Avoidance Assist (FCA).

Fitur tersebut bisa melakukan pengereman secara otomatis di konidisi yang dianggap membahayakan. Namun fitur itu bisa menganggu penumpang dan pengemudi ketika ada benda kecil lalu sensornya menyala, mobil tiba-tiba akan berhenti mendadak.

BACA JUGA: Seberapa Irit Konsumsi Bahan Bakar Hyundai Stargazer?

Sebenarnya fitur ini bagus untuk keamanan. Namun membuat kaget bila pengemudi dan penumpang tidak terbiasa. Fitur keselamatan itu disempurnakan oleh High Beam Assist, Driver Attention Warning, dan enam airbag.
(dan)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1261 seconds (10.55#12.26)