Ratu Elizabeth II Punya Puluhan Mobil Mewah tapi Tidak Punya SIM, Ini Jawabannya

Sabtu, 10 September 2022 - 15:00 WIB
loading...
Ratu Elizabeth II Punya Puluhan Mobil Mewah tapi Tidak Punya SIM, Ini Jawabannya
Pemegang tahta Kerajaan Inggris, seperti Ratu Elizabeth II memiliki hak istimewa melekat. Salah satunya diizinkan tidak punya SIM. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Ratu Elizabeth II punya puluhan mobil mewah tapi tidak punya SIM (Surat Izin Mengemudi). Tidak main-main koleksi mobil Ratu Elizabeth II merupakan kendaraan yang sangat istimewa.

Sebut saja Bentley State Limousine, Rolls-Royce Phantom IV State Landaulette, Rolls-Royce Phantom V State Limousine, dan banyak lagi. Umumnya , Ratu Elizabeth II mengemudikan mobil hanya di kediamannya. Yakni di Windsor atau di Balmoral, perkebunan seluas 202.000 meter persegi dekat Ballater, di Aberdeenshire, Skotlandia.

Menariknya meski punya banyak puluhan mobil, Ratu Elizabeth II justru tidak pernah punya SIM. Namun jangan salah sangka, hal itu terjadi bukan karena wanita kelahiran 21 April 1926 itu tidak mau. Alih-alih hal itu terjadi karena hak istimewa yang menempel pada pemegang tahta Kerajaan Inggris.

Ya, terhitung sejak dinobatkan sebagai Ratu Inggris pada 2 Juni 1953, Ratu Elizabeth II mendapatkan banyak hak istimewa. Mulai dari boleh tidak punya paspor, diizinkan menggunakan mobil tanpa plat nomor, tidak membayar pajak, hingga tidak punya Surat Izin Mengemudi (SIM).

Baca juga : Layanan Berbagi Motor Listrik Pintar, imotoshare, Hadir di Bali

Ratu Elizabeth II Punya Puluhan Mobil Mewah tapi Tidak Punya SIM, Ini Jawabannya


"Keistimewaan ini melekat pada semua pemegang tahta Kerajaan Inggris," tulis The Insider.

Dari situ pewaris tahta Kerajaan Inggris, Raja Charles III, yang dulunya Pangeran Charles, juga mendapatkan keistimewaan untuk tidak punya SIM dan paspor.

Baca juga : Bukan Mitos, Ini Cara Melewati Lie Detector tanpa Ketahuan Bohong

Meski tidak punya SIM, sulit untuk meragukan kemampuan mengemudi Ratu Elizabeth II. Sejak kecil dia sudah bisa mengendarai mobil-mobil besar. Bahkan saat Perang Dunia Kedua terjadi, dia juga sering mengendarai mobil karena memang bertugas di bidang mekanik militer.

Sepanjang usianya sangat jarang Ratu Elizabeth II mengalami kecelakaan mobil. Satu-satunya kejadian terjadi pada 22 April 2022 dimana mobil Range Rover hitam miliknya hampir bertabrakan dengan Nissan Juke.

Hanya saja saat itu Ratu Elizabeth II duduk di kursi penumpang depan. Berbeda dengan suaminya, Pangeran Philip yang pernah mengalami kecelakaan fatal saat mobil Land Rover Discovery miliknya bertabrakan dengan sebuah sedan di perempatan jalan di sebuah kawasan di Inggris.
(wsb)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1374 seconds (11.210#12.26)