Begini Cara Mengatur Penggunaan AC Agar Mobil Hemat BBM

Selasa, 13 September 2022 - 23:26 WIB
loading...
Begini Cara Mengatur Penggunaan AC Agar Mobil Hemat BBM
Penggunaan AC dalam kendaraan berpengaruh terhadap konsumsi bahan bakar, sehingga perlu bijak menggunakannya. Foto/Ist/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Penggunaan AC dalam kendaraan berpengaruh terhadap konsumsi bahan bakar, sehingga perlu bijak menggunakannya. Saat mengemudi mobil dengan kondisi AC hidup membuat kinerja mesin menjadi lebih berat, sehingga penggunaan BBM menjadi lebih boros.

Untuk menghemat penggunaan BBM sebaiknya mengatur penggunaan AC dengan cermat. Bila AC dihidupkan pada suhu paling rendah, maka sistem kerja mesin semakin besar.

Sebab, AC terus bekerja untuk mencapai suhu yang sudah disesuaikan. AC bekerja mengandalkan tenaga dari mesin untuk mendinginkan ruang kabin mobil.

Baca juga; Begini Cara Merawat Kondensor AC Mobil

Sebaiknya, jangan menggunakan AC mobil secara terus-menerus, bila dirasa udara di luar dingin atau sejuk. Sebaiknya menggunakan udara alami dan mematikan AC untuk menhemat BBM. Berikut tips menggunakan AC mobil agar tidak boros BBM.

1.Menaikkan Suhu Bila Kabin Sudah Dingin
Bila dalam mobil sudah terasa sejuk atau dingin, sebaiknya menaikkan suhu AC ke yang lebih tinggi. Hal ini bertujuan agar kinerja AC sedikit berkurang dan BBM bisa lebih irit.

2.Membuka Jendela Sebelum Menghidupkan AC
Hal ini bertujuan agar udara panas bisa keluar dengan cepat dan meringankan kinerja AC karena suhu dalam kabin sudah tidak terlalu panas.

Baca juga; AC Mobil Tidak Dingin? Ternyata Ini 8 Penyebabnya...

3.Manfaatkan Udara Alam
Memanfaatkan udara alam atau angin sepoi-sepoi, juga dapat menghemat BBM. Apalagi udara di pagi hari terasa lebih sejuk dibandingkan dengan udara AC mobil.

(MG/Christina Annisa Mayliani)
(wib)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1281 seconds (11.97#12.26)