Mengenal Fungsi Tombol Defogger, Awas Jangan Kelamaan karena Bisa Merusak Aki

Jum'at, 23 September 2022 - 05:30 WIB
loading...
Mengenal Fungsi Tombol Defogger, Awas Jangan Kelamaan karena Bisa Merusak Aki
Mengenal fungsi tombol defogger sangat penting untuk mencegah terjadinya pengembunan di kaca depan dan belakang mobil kesayangan. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Mengenal fungsi tombol pada mobil perlu Anda cermati. Pasalnya mengaktifkan defogger cukup penting saat hujan deras tiba. Sejatinya fungsi defogger saat ini sangat sederhana. Tugasnya hanyalah mencegah terjadinya pengembunan pada kaca mobil yang terjadi karena adanya perbedaan suhu antara di kabin dan sekeliling body mobil atau lingkungan di luar mobil.

Berdasarkan teori, pengembunan akan terjadi ketika uap air di udara melewati permukaan yang jauh lebih dingin dari titik embun uap air. Saat ini pemilik mobil selalu menyalakan pendingin ruangan mobil dalam setiap kondisi jalan. Saat hujan turun kondisi ruangan mobil jauh lebih dingin dibanding di luar mobil. Alhasil uap air di udara akan menyentuh kaca mobil yang jauh lebih dingin. Alhasil pengembunan terjadi.

Pengembunan di bagian kaca depan dan belakang tentu akan sangat mengganggu visibilitas. Apalagi jika Anda berada dalam kondisi jalan yang butuh dipantau dengan lebih cermat. Mau tidak mau kaca mobil, baik depan dan belakang, harus dalam keadaan bersih. Jangan sampai ada embun yang menghalangi.

Baca juga : Spesifikasi dan Harga Wuling Mini EV yang Lebih Terjangkau dibanding Air ev

Mengenal Fungsi Tombol Defogger, Awas Jangan Kelamaan karena Bisa Merusak Aki


Untuk mencegah terjadinya pengembunan, cara yang paling mudah dilakukan adalah memastikan kondisi kaca mobil jauh lebih tinggi temperaturnya dibandingkan uap air di luar mobil.

Dari situlah defogger memegang peranan. Caranya dengan memanaskan kaca mobil. Untuk kaca mobil belakang, pengembunan dapat dicegah dengan pemasangan garis-garis khusus berwarna cokelat yang ditempel di bagian dalam kaca mobil belakang.

Energi panas akan dialirkan menggunakan garis-garis coklat yang melekat di bagian dalam kaca belakang. Untuk bagian depan, defogger biasanya akan berkerja dari kipas AC melalui embusan udara.

Baca juga : Ini 5 Mobil Anti-Bom Produksi Massal yang Bikin Anda seperti Pemimpin Dunia

Mengenal Fungsi Tombol Defogger, Awas Jangan Kelamaan karena Bisa Merusak Aki


Lalu bagaimana cara mengaktifkannya? Caranya cukup mudah hanya dengan menekan tombol khusus yang berupa gambar garis persegi panjang yang kemudian dipotong oleh tiga anak panah yang meliuk-liuk.

Anda sebenarnya bisa saja terus mengaktifkan tombol defogger selama dibutuhkan. Namun jangan sampai Anda malah kelupaan tidak mengaktifkan tombol Defogger. Pasalnya ini akan berakibat pada kondisi aki yang bisa melemah.

Arus yang selalu mengalir akan memberikan membuat aki selalu bekerja. Untuk jangka pendek, mungkin akibatnya tidak terlalu terasa. Tapi, pelemahan aki ini akan membuat aki cepat rusak jika dilakukan dalam waktu lama.
(wsb)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1776 seconds (10.101#12.26)