Hindari Rem Blong! Lakukan Ini Agar Rem Cakram Motor Tidak Overheat

Minggu, 25 September 2022 - 16:05 WIB
loading...
Hindari Rem Blong! Lakukan Ini Agar Rem Cakram Motor Tidak Overheat
Rem cakram motor yang overheat bisa berbahaya karena mengakibatkan rem blong. Foto: dok Yamaha
A A A
JAKARTA - Sistem pengereman pada motor sangat penting. Dan perlu diwaspadai jika rem cakram motor overheat atau kepanasan. Karena dampaknya bisa berbahaya.

Suhu rem yang terlalu tinggi bisa membuat rem jadi kurang pakem. Panas rem membuat material kampas rem menjadi keras sehingga gesekan dengan piringan cakram tidak maksimal. Bahkan, jika rem terlalu panas, maka daya cengkram rem akan menurun. Yang, terburuk adalah rem blong.

Ini sangat bisa terjadi ketika kendaraan melewati jalan menurun tajam dan pengemudi menginjak pedal rem terus menerus.

Prinsip Gesekan
Menggunakan prinsip gesekan, sistem pengereman berfungsi menghentikan laju atau mengurangi kecepatan sepeda motor. Pada umumnya ada 2 tipe sistem pengereman yang digunakan pada sepeda motor yaitu rem tromol (drum brake) dan rem cakram (disc brake).

Karena menggunakan prinsip gesekan, bisa menyebabkan panas. Apalagi jika kerja rem berat, seperti di jalanan turun, digunakan untuk kecepatan tinggi, yang bisa menyebabkan overheat/panas berlebih pada cakram.

Panas inilah yang dapat mempengaruhi kinerja rem. Maka dari itu komponen pengereman harus dalam keadaan prima dan dirawat secara berkala.

“Kinerja pengereman karena menyangkut keselamatan pengendara. Dan jika terjadi overheat, jangan menyiram cakram dengan air karena dapat menyebabkan perubahan bentuk pada cakram,” ungkap Johannes B.M.S, Chief Yamaha DDS 3 Jawa Tengah & Yogyakarta.

Nah, berikut tips menghindari overheat pada rem cakram:

1. Penggunaan minyak/oli rem
- Gunakan minyak rem DOT 3 untuk tipe Non ABS, dan DOT 4 untuk tipe ABS
- Ganti minyak rem setiap 2 tahun/24,000 km
- Cek kebocoran minyak rem, jika ada kebocoran segera diperbaiki

2. Perawatan master & caliper
Hindari Rem Blong! Lakukan Ini Agar Rem Cakram Motor Tidak Overheat

Pada master dan caliper ada komponen seal sebagai perapat dan pengganti pegas. Seal ini dapat menjadi keras yang dapat mengganggu kerja piston pada caliper yang dapat menyebabkan cakram menjadi berat sehingga menimbulkan gesekan dan menjadi panas pada cakram. Karenanya, ganti seal bersamaan dengan penggantian minyak rem.


3. Penggantian kampas rem
Kampas rem yang habis/aus dapat menyebabkan gesekan berlebih dan menimbulkan panas yang dapat menimbulkan overheat pada cakram.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2701 seconds (0.1#10.140)