Bukan Buat Ngepot, Ini Fungsi Utama AYC di Mitsubishi Xpander Cross

Rabu, 28 September 2022 - 05:25 WIB
loading...
Bukan Buat Ngepot, Ini Fungsi Utama AYC di Mitsubishi Xpander Cross
Fitur AYC di Mitsubishi Xpander Cross baru bukan digunakan untuk ngepot. Foto-foto/SINDONEWScom-Wahyu Sibarani.
A A A
JAKARTA - Mitsubishi Xpander Cross baru punya fitur baru Active Yaw Control (AYC). Fitur canggih itu jangan disalahgunakan untuk ngepot-ngepot layaknya pembalap profesional.

Dalam pengujian yang dilakukan oleh media yang diselenggarakan PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) di Pusdiklat Lantas Lemdiklat Polri, Serpong, Tangerang Selatan, fitur AYC memang terlihat memikat. Mitsubishi Xpander Cross baru yang tubuhnya besar itu bisa menari-nari dengan gemulai meski di genangan air berlimpah di atas trek.

Di genangan itu New Mitsubishi Xpander Cross diajak bermanuver sekencang mungkin. Ya, sekencang-kencangnya kalau berani. "Fitur AYC akan memastikan Anda tidak akan keluar dari jalur yang ditentukan," ujar Muhammad Arif Dwianto, Head of Training Section PT MMKSI .

Meski bisa diajak bermanuver di atas genangan air, bukan berarti fitur AYC bikin Anda berani ngepot dengan Mitsubishi Xpander Cross baru. Rifat Sungkar, Brand Ambassador Mitsubishi Indonesia mengatakan sejatinya AYC adalah fitur keamanan.

Baca juga : Jeep Wrangler Siap Tinggalkan Mesin Diesel untuk Selamanya

Bukan Buat Ngepot, Ini Fungsi Utama AYC di Mitsubishi Xpander Cross


Fitur itu fungsinya menghindari perilaku mobil yang tidak perlu saat dalam kondisi tertentu. Misalnya understeer atau oversteer. Jadi AYC adalah sistem preventif yang membuat pengemudi Mitsubishi Xpander Cross tetap akan merasa aman meski berada dalam kondisi menyetir yang cukup menantang.

"Sistem ini bekerja dengan mendeteksi apakah putaran mesinnya terlalu kencang atau terlalu tinggi, apakah setirnya terlalu patah, atau apakah putaran bannya terlalu kencang.

Dia melanjutkan pada dasarnya AYC adalah fitur keamanan level teratas yang mengandalkan kendali pada putaran ban, putaran mesin dan pergerakan palang kemudi. Menurutnya di level bawah fitur keamanan dengan sistem tersebut adalah Active Stability Control (ASC).

Saat ini fitur ASC paling banyak ditemukan di berbagai mobil baru. ASC bertugas untuk mengamankan laju mobil saat berada dalam kondisi understeer atau oversteer.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1730 seconds (11.210#12.26)