Ini Manfaat Kuras Tangki Mobil, Sirkulasi Bahan Bakar Jadi Lancar

Kamis, 06 Oktober 2022 - 22:21 WIB
loading...
Ini Manfaat Kuras Tangki Mobil, Sirkulasi Bahan Bakar Jadi Lancar
Salah satu cara untuk merawat mobil adalah kuras tangki bahan bakar untuk menjaga kebersihan dan terhindar dari karat atau korosi. Foto/Dok/Okezone
A A A
JAKARTA - Salah satu cara untuk merawat mobil adalah kuras tangki bahan bakar untuk menjaga kebersihan dan terhindar dari karat atau korosi. Pemilik mobil bisa menguras tangki mobil secara bertahap, karena terkadang masalah ada pada penampungan bahan bakar ini.

Menguras tangki mobil tidak sering dilakukan orang-orang karena tangki bensin tidak termasuk dalam daftar untuk pengecekan perawatan berkala. Terkadang masalah yang ada pada mobil juga bisa ditimbulkan dari tangki mobil.

Desai tangki mobil yang tidak dibuat kedap udara, ketika dalam kondisi yang normal bahan bakar yang ada di dalam tangki kemungkinan mengandung air. Kotoran yang menumpuk di tangki mobil disebabkan oleh tingginya kadar air dan sulfur bahan bakar.

Baca juga; Mobil-mobil dengan Tangki Bensin 100 Liter, Sekali Full Tank Bayar Nyaris Rp1,6 Juta

Jika tangki mobil dibiarkan kosong, bisa menimbulkan korosi dan pompa bahan bakar bisa bermasalah. Kotoran yang menumpuk di tangki mobil bisa menghambat masuknya sirkulasi bahan bakar sebelum ke injektor.

Untuk itu, tangki bahan bakar dikuras agar endapan lumpur tidak ikut terisap dan menimbulkan masalah ruang bakar. Selain itu, menguras tangki mobil memiliki cara khusus, yaitu dengan mengosongkan bahan bakar dari tangki dan menaruhnya ke dalam suatu wadag, setelah itu lanjut dengan membersihkan filter dan juga tangki mobil.

Bahan bakar bisa dimasukan lagi ke dalam tangki apalagi tangki dan filter sudah bersih. Ada cara lain untuk membersihkannya yaitu dengan menyedot dan mengeluarkan sisa bahan bakar yang ada dalam tangki mobil, simak sebagai berikut.

1.Gunakan selang
Selang adalah alat yang paling sederhana dan mudah dicari untuk menguras tangki mobil. Untuk menguras tangki mobil, disarankan untuk menggunakan 2 buah selang yang akan dimasukkan ke dalam tangki. Kondisi tangki harus tertutup rapat dan juga kedap udara agar bahan bakar bisa keluar.

Baca juga; Begini Cara Mengetahui Posisi Tangki Bensin Tanpa Keluar dari Mobil

2. Alat penyedot bahan bakar
Penyedot bahan bakar ini fungsinya sama seperti pompa, yaitu untuk menguras bahan bakar dari tangki mobil. Namun, alat ini digunakan secara manual dan tidak semudah memakai pompa.

3.Pompa
Ada alat khusus pompa untuk menguras dan menyedot bahan bakar dari dalam tangki. Biasanya popa ini digunakan khusus untuk bengkel, montir ataupun ahlinya. Proses menguras dan menyedot bahan bakar lebih cepat dan mudah dengan menggunakan pompa.

(MG/Navizia Louvitrioktavia)
(wib)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1719 seconds (11.97#12.26)