Pentingnya Flushing Oli Matik di Mobil, Banyak yang Tidak Paham!

Jum'at, 14 Oktober 2022 - 09:05 WIB
loading...
Pentingnya Flushing Oli Matik di Mobil, Banyak yang Tidak Paham!
Flushing oli matik sangat penting dilakukan untuk menjaga performa mesin. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Flushing oli matik adalah teknik membilas oli pada mobil bertransmisi. Gunanya, agar oli dalam gearbox lebih bersih. Dalam melakukan proses pembilasan/flushing oli matik biasanya memakai mesin flushing dan mesin harus dalam keadaan hidup.

Sebagai pemilik mobil, Anda perlu melakukan berbagai perawatan supaya tidak terjadi kerusakan pada mobil Anda.

Salah satu perawatan mobil yang perlu dilakukan adalah dengan melakukan flushing oli matik secara rutin. Jika Anda melakukan perawatan oli matik, maka bisa meningkatkan kinerja mesin.

Hanya saja, pemilik mobil acap mengabaikan prosedur ini. Meski demikian, memahami pentingnya flush transmisi dapat membantu Anda memahami salah satu kebutuhan dasar setiap mobil. Yakni cairan bersih.

Rentang harga untuk mengganti flushing oli matik tergantung pada beberapa faktor. Namun ini adalah aspek yang diperlukan untuk memelihara dan memperpanjang umur kendaraan Anda.

Ada 2 cara melakukan flushing oli matik:

1. ATF Changer
Alat khusus untuk menguras oli. Biasanya, alat ini akan bekerja tanpa harus menjalankan mesin mobil. Proses menggunakan ATF Changer juga lebih singkat dan efisien.



2. Metode konvensional
Oli lama dibuang terlebih dahulu. Kemudian, masukkan sekitar 3 liter oli transmisi baru. Mobil perlu dijalankan sambil memainkan tuas transmisi.

Lakukan hal ini tidak terlalu lama, dan pastikan seluruh komponen terlumasi dengan baik. Setelah melakukan hal ini, buang oli tersebut, kemudian ganti lagi dengan yang baru. Lakukan hal ini hingga oli transmisi bening. Jika sudah bening, maka pengurasan tidak perlu dilakukan lagi.

MG/ Nabillah Amanda Rahmawaty
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5154 seconds (0.1#10.140)