Malaysia Punya SUV Kuat Buat Tantang Toyota Fortuner

Minggu, 16 Oktober 2022 - 12:44 WIB
loading...
Malaysia Punya SUV Kuat Buat Tantang Toyota Fortuner
Proton X90 rencananya akan dihadirkan di Malaysia tahun depan. Foto/Paultan.
A A A
JAKARTA - Proton bakal membawa mobil SUV 7 kursi yang bisa jadi penantang kuat Toyota Fortuner di negeri jiran itu. Menariknya mobil itu bukan murni buatan Proton. Mobil itu justru buatan perusahaan mobil China, Geely.

Saat ini Geely memang merupakan pemegang saham terbesar Proton. Jadi tidak heran jika banyak mobil Proton yang dijual di Malaysia saat ini adalah mobil-mobil rebadge atau ganti logo dari Geely.

Contohnya Proton X70 yang merupakan rebadge dari mobil Geelu Boyue. Menariknya mobil-mobil itu justru sangat digemari oleh masyarakat Malaysia. Proton X70 bahkan jadi penjualan terbesar Proton belakangan ini.

Berkaca dari kesuksesan itu, Proton mencoba masuk ke pasar yang lebih besar lagi yakni SUV 7 kursi. Di pasar ini terdapat Toyota Fortuner , Hyundai Santa Fe dan Mazda CX-8. Di Malaysia tidak ada Mitsubishi Pajero Sport mengingat Mitsubishi Malaysia hanya menjual tiga produk saja yakni Mitsubishi Triton 4x4, Mitsubishi Triton 4x2, dan Mitsubishi Xpander.

Baca juga : Terjawab, UFO Tidak Pantau Perang Rusia dan Ukraina dari Atas Langit

Malaysia Punya SUV Kuat Buat Tantang Toyota Fortuner


Untuk menjajal segmen itu Proton akan menghadirkan Proton X90 tahun depan. Disebutkan Paultan, Proton X90 akan menjadi mobil rebadge dari Geely Haoyue yang memang bisa mengangkut 7 orang penumpang sekaligus.

Uniknya Proton X90 dikabarkan akan menggunakan mesin bensin. Mesin empat silinder dengan kapasitas 1,8 liter turbo itu akan dipadukan dengan transmisi kopling ganda 7 percepatan.

Baca juga : Jadi Idaman Anak Muda, Ini Spesifikasi dan Harga Yamaha Fazzio

Malaysia Punya SUV Kuat Buat Tantang Toyota Fortuner


Namun di pasar Filipina, Geely Haoyue memiliki mesin yang berbeda yakni mesin tiga silinder 1,5 liter dengan baterai 48V. Mesin hybrid memiliki tenaga maksial 190 PS dan torsi maksimal 300 Nm.

Hanya saja menurut Paultan, daya angkut jadi nilai lebih Proton X90. Pasalnya dimensi SUV China berbendera Malaysia itu sangat besar. Ukurannya P x L x T adalah 4.835 mm, 1.900 mm, dan 1.785 mm. Wheelbasenya bahkan mencapai 2.815 mm. Bandingkan dengan Toyota Fortuner yang hanya memiliki dimensi P x L x T, 4.795 mm x 1.855 mm x 1.835 mm.

Direncakan Proton X90 akan dirilis tahun depan. Proton sendiri sudah menyiapkan booking order bagi mereka yang tertarik punya pesain Toyota Fortuner.
(wsb)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2232 seconds (10.55#12.26)