Indonesia Targetkan 2 Juta Motor Listrik pada 2025

Rabu, 19 Oktober 2022 - 06:30 WIB
loading...
Indonesia Targetkan 2 Juta Motor Listrik pada 2025
Indonesia menargetkan dua juta motor listrik pada tahun 2025, termasuk pengembangan infrastruktur pengisian baterai. Foto/Visordown
A A A
JAKARTA - Indonesia menargetkan dua juta motor listrik pada tahun 2025, termasuk pengembangan infrastruktur pengisian baterai . Mengingat, kendaraan roda dua sudah menjadi moda transportasi utama di berbagai wilayah Indonesia.

Target peralihan dari mesin pembakaran internal (ICE) atau yang menggunakan bahan bakar fosil, ke motor listrik adalah salah satu opsi yang dipertimbangkan hampir semua negara. Rencana ini terkendalan masalah biaya kendaraan listrik baru (EV) yang masih tinggi dan daya jangkauan yang masih terbatas.

Dikutip dari laman visordown, Rabu (19/10/2022), dibandingkan dengan kendaraan yang menggunakan bahan bakar minyak, daya jangkauan motor listrik mengurangi minat sebagian orang. Apalagi bagi mereka yang biasa beraktivitas jauh atau ingin tetap menggunakan kendaraan roda empat.



Namun, dalam kasus ketika orang mencari solusi transportasi alternatif dan tidak ingin pergi terlalu jauh, motor listrik bisa jadi pilihan. Khususnya, kendaraan roda dua listrik dapat mengisi celah ini, mengingat di Indonesia motor merupakan transportasi yang diandalkan.

The New Straits Times melaporkan bahwa Menteri Perhubungan Indonesia, Budi Karya Sumadi, melihat industri sepeda motor besar di Indonesia sebagai peluang untuk mempercepat perubahan dari ICE ke listrik. Dia melihat dua juta kendaraan roda dua listrik di jalan-jalan Indonesia pada tahun 2025.

Indonesia adalah kasus yang mungkin mirip dengan tetangganya di Asia Tenggara, mungkin ada sedikit kesamaan, karena kendaraan roda dua sudah menjadi metode transportasi utama. Meskipun motor sangat populer di Indonesia, banyak rintangan yang harus dihadapi untuk mewujudkan program elektrifikasi, di antaranya masalah infrastruktur.

Stasiun pengisian juga harus tersedia lebih banyak jika elektrifikasi ingin berhasil, tetapi Indonesia juga sedang mencari stasiun pertukaran baterai. stasiun pertukaran baterai adalah ide yang lebih mudah diterapkan di negara seperti Indonesia yang terbiasa menggunakan sepeda motor.



Stasiun pertukaran baterai bisa menjadi pilihan untuk daya sepeda motor listrik. Sebab, sepeda motor listrik menggunakan tenaga yang lebih rendah dan sudah dilengkapi dengan baterai yang dapat dilepas.
Indonesia Targetkan 2 Juta Motor Listrik pada 2025


Dalam artikel Reuters pada Maret 2022, mantan CEO Aston Martin Andy Palmer, yang sekarang menjadi kepala pabrikan EV Switch Mobility, melihat prospek produsen mobil menyetujui standar baterai yang dapat ditukar sebagai sesuatu yang tidak akan terjadi. Berbeda dengan China, yang mengambil Langkah yang berbeda dan, jika mereka berhasil melakukannya, mungkin akan mengubah pandangan itu.

Hal ini tentu saja terlepas dari pertumbuhan Konsorsium Sepeda Motor Baterai Swappable yang juga mencakup pabrikan sepeda motor besar. Di antaranya empat pabrikan besar Jepang (Honda, Yamaha, Suzuki, Kawasaki) dan merek besar Eropa seperti KTM dan Piaggio Group.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2016 seconds (0.1#10.140)