Biar Lebih Nyaman, Kenali Perbedaan Bus Mesin Depan dengan Belakang

Minggu, 23 Oktober 2022 - 07:30 WIB
loading...
Biar Lebih Nyaman, Kenali Perbedaan Bus Mesin Depan dengan Belakang
Perbedaan bus dengan mesin depan dengan belakang bakal semakin usang ketika hadirnya bus-bus listrik. Foto-foto/SINDONEWScom-Wahyu Sibarani.
A A A
JAKARTA - Biar lebih nyaman di perjalanan, kenali perbedaan bus dengan mesin depan dengan belakang. Apa saja yang bisa dipelajari?

Saat ini transportasi massal memang jadi pilihan yang logis di tengah tingginya harga bahan bakar minyak (BBM). Salah satu transportasi massal yang mulai dipilih adalah bus.

Tidak hanya untuk perjalanan dekat, bus juga disukai masyarakat yang melakukan perjalanan jauh. Stigma bus yang tidak nyaman kini pun mulai luntur.

Perkembangan teknologi serta persaingan bisnis yang sehat membuat Perusahaan Otobus (PO) kini berlomba-lomba jadi yang paling nyaman, paling canggih, hingga paling mewah. Lalu mengapa sempat ada anggapan bus tidak nyaman?

Salah satu yang membuat bus pernah dianggap tidak nyaman adalah teknologi manufaktur yang dulu masih sangat sederhana. Awalnya bus dibuat dengan mengonversi truk dengan karoseri khusus. Dari situlah akhirnya hadir bus dengan mesin yang ada di depan.

Baca juga : Kupas Tuntas Teknologi HondaJet Generasi Baru yang Makin Manjakan Orang Kaya

Biar Lebih Nyaman, Kenali Perbedaan Bus Mesin Depan dengan Belakang


Sekarang kondisinya jauh berbeda. Teknologi canggih dan proses manufaktur yang mumpuni membuat pabrikan kendaraan niaga bisa membuat bus dengan mesin belakang. Tujuannya tentu agar membuat penumpang yang ada di dalamnya jauh lebih nyaman.

Loh, memangnya bus mesin depan tidak nyaman? Pada era 1990-an bus mesin depan memang jadi primadona. Tentu saja karena tidak adanya pilihan lain.

Hanya saja soal kenyamanan perlu pengorbanan. Mesin yang ada di depan membuat suara mesin sangat mudah masuk ke dalam kabin bus. Begitu juga dengan hawa panas yang ditimbulkan mesin.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1355 seconds (10.177#12.26)