Cara Mengetahui Oli Motor Berkurang Tanpa Harus Menguras

Rabu, 26 Oktober 2022 - 16:37 WIB
loading...
Cara Mengetahui Oli Motor Berkurang Tanpa Harus Menguras
Cara Mengetahui Oli Motor Berkurang . FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - Cara mengetahui oli motor berkurang di dalam mesin memang harus dipelajari pemilik kendaraan. Oli memiliki fungsi penting untuk melumasi, menjaga suhu, sekaligus melindungi mesin.

Dengan perannya tersebut, pastikan takaran oli selalu terisi sesuai standar yang direkomendasikan, jangan sampai habis.

BACA JUGA - Dampak Buruk Motor Kurang Perawatan

Oli motor habis jika dibiarkan tentu akan merusak komponen mesin. Nah untuk mengetahui apakah oli motor sudah habis atau tidak ada caranya, berikut paparannya, seperti dilansir dari berbagai sumber.

1. Suhu mesin lebih tinggi dari sebelumnya

Oli motor habis bisa diketahui tanpa harus melakukan pengecekan oli secara manual. Jika suhu mesin terasa lebih tinggi dari sebelumnya, itu tandanya oli mesin sudah habis sehingga fungsinya untuk menjaga suhu mesin tidak lagi optimal.

2. Suara mesin kasar

Selanjutnya adalah suara mesin terdengar kasar. Suara yang kasar pada mesin transmisi diakibatkan karena kualitas oli mulai menurun akibat out of date maka daya lumasnya terhadap gear pada transmisi juga ikut terganggu.

3. Motor sering mati tiba-tiba

Motor sering mati tiba-tiba juga bisa jadi penanda bahwa oli mesin sudah habis. Motor bisa mati mendadak karena mesin motor yang sudah terlalu panas. Kalau sudah begini, motor akan sulit dinyalakan kembali.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1576 seconds (10.101#12.26)