Tips Cek Ban Motor Bocor Halus Tanpa Harus ke Tukang Tambal

Kamis, 27 Oktober 2022 - 11:03 WIB
loading...
Tips Cek Ban Motor Bocor Halus Tanpa Harus ke Tukang Tambal
Tips Cek Ban Motor Bocor Halus . FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - Tips cek ban motor bocor halus tanpa harus dibawa ke tukang tambal sangat dibutuhkan ketika peristiwa ini terjadi di mlam hari.

BACA JUGA - Ketahui 6 Cara Mudah Tambal Ban Tubeless Sendiri

Saat ini, terdapat banyak cara untuk mengetahui kondisi ban motor bocor, jika hal tersebut terjadi pada Anda, maka akan sangat mengganggu aktivitas yang sedang berjalan.

Kebanyakan ban yang digunakan pada motor sekarang adalah ban tubeless, ban tubeless sendiri sebetulnya merupakan salah satu jenis ban yang banyak digunakan berbagai jenis kendaraan saat ini baik itu motor atau mobil.

Beberapa keunggulan yang dimilikinya menjadikan ban ini banyak dipilih oleh pemilik kendaraan adalah karena tidak memiliki bagian dalam, sehingga ban bisa lebih aman dan kuat dan tidak mudah bocor.

Walaupun tidak mudah bocor, namun tetap saja ada beberapa hal yang dapat berpotensi untuk menyebabkan ban motor bocor halus. Oleh karenanya, cara mengetahui ban tubeless bocor menjadi kemampuan yang tentunya akan sangat diperlukan.

Berikut tips untuk mengetahui apakah ban motor Anda mengalami bocor halus:

- Siapkan alat pompa angin serta air sabun secukupnya.
- Pompa atau isi angin pada ban yang bocor secukupnya, tidak harus penuh namun secukupnya saja.
- Lalu basahi seluruh permukaan ban yang bocor dengan air sabun.
- Kemudian periksa dan cermati seluruh permukaan ban tersebut. Akan muncul gelembung air sabun pada titik yang bocor, jangan lupa periksa juga disekitar bibir velg.
- Setelah itu beri tanda pada titik yang bocor, lalu kempeskan atau buang seluruh angin dari ban tersebut.
- Setelah ban tersebut kempes, ban siap untuk ditambal pada titik yang bocor.
- Jika Anda menemukan adanya gelembung air sabun pada sekitar bibir velg, hal tersebut biasanya dikarenakan terdapat kotoran di sekitar daerah tersebut, Anda bisa coba bersihkan bagian tersebut terlebih dahulu.

Satu hal yang paling penting adalah, jika Anda merasa ban motor Anda telah tipis atau aus, maka Anda harus segera melakukan pergantian ban. Karena ban yang telah tipis atau aus akan sangat rentan mengalami kebocoran baik halus maupun bocor besar.

Anda tentunya tidak ingin bolak balik bengkel hanya untuk menambal ban saja bukan? dan juga ban yang terlalu sering ditambal juga akan membuat kualitasnya menurun. Sehingga penting untuk selalu melakukan pengecekan kondisi pada ban motor Anda.

Demikianlah tips untuk mengecek kebocoran pada ban motor Anda, semoga bermanfaat.

MG/Vadma Gempita
(wbs)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2591 seconds (11.97#12.26)