Ketahui 6 Cara Mudah Tambal Ban Tubeless Sendiri

Sabtu, 10 Juli 2021 - 10:05 WIB
loading...
Ketahui 6 Cara Mudah Tambal Ban Tubeless Sendiri
Tak perlu khawatir karena sebenarnya menambal ban tubeless bukanlah sesuatu yang terlalu sulit. Bisa dilakukan sendiri. Foto: dok Auto2000
A A A
JAKARTA - Ban tubeless bocor memang menjadi salah satu masalah bagi pemilik kendaraan bermotor. Jika bocor di tempat yang ramai dan kebetulan ada tukang tambal ban, tentu hal ini tidak jadi persoalan. Tapi, apa jadinya jika ban bocor di tempat sepi?

Untuk itu penting untuk mengetahui cara menambal ban tubeless sendiri, apalagi saat sedang dalam keadaan darurat.



Tak perlu khawatir karena sebenarnya menambal ban tubeless bukanlah sesuatu yang terlalu sulit. Bisa dilakukan sendiri, berikut ini cara mudah menambal ban tubeless, dilansir dari laman Auto2000, Sabtu (10/7).

1. Siapkan peralatan

Untuk menambal ban tubeless, Anda perlu mempersiapkan tire repair kit. Peralatan tersebut biasanya berisi cleaning hook (pembuka lubang ban), patching rubber (karet penambal), fixing hook (pengait), serta fix glue (lem khusus ban). Peralatan tersebut mudah ditemukan, baik di toko otomotif maupun toko online. Harganya pun sangat terjangkau dikisaran Rp20.000-Rp50.000.

2. Cari titik bocor

Agar bisa menerapkan cara menambal ban tubeless, Anda harus tahu pasti letak kebocorannya. Mengetahui titik bocor pada ban tubeless relatif lebih sulit daripada ban tube. Sebab, saat terjadi bocor, ban tubeless tidak langsung kehilangan tekanan angin, namun berkurang sedikit demi sedikit.

Walau begitu, bukan berarti mustahil menemukan titik bocor pada ban tubeless. Langkah pertama adalah dengan memompa ban hingga sempurna, kemudian dilanjutkan dengan menyiram ban menggunakan air sabun. Titik bocor akan mengeluarkan gelembung saat terkena air sabun. Jika titik sudah terlihat, segera tandai.

3. Bersihkan ban
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2293 seconds (0.1#10.140)