Tips Memilih Paint Protection Film untuk Mobil Anda

Jum'at, 28 Oktober 2022 - 08:10 WIB
loading...
Tips Memilih Paint Protection Film untuk Mobil Anda
Perlindungan cat penting untuk menjaga warna bodi mobil tetap awet. Tampak jaringan bengkel body & paint milik Hyundai Indonesia. Foto: HIMD
A A A
JAKARTA - Film pelindung cat atau paint protection film adalah lapisan transparan di cat mobil Anda yang melindunginya dari kerusakan. Film uretan termoplastik itu mampu menyembuhkan diri sendiri. Diaplikasikan pada permukaan yang dicat dari mobil baru atau bekas untuk melindungi cat dari serpihan batu, cipratan serangga, hingga lecet kecil.

Paint protection ini juga digunakan di pesawat terbang, ponsel, elektronik, layar, sepeda motor, dan banyak area lainnya. Adapun cat paint protection dipasang secara terbatas oleh produsen pada berbagai bagian mobil di pabrik.

Ini paling sering diterapkan pada area benturan tinggi kendaraan yang meliputi: kap mesin, spakbor depan, bumper depan, kaca spion samping, panel goyang, bagian bawah pintu, dan pelindung belakang di belakang roda belakang.

Tanpa PPF, cat mobil cepat memudar dan berubah warna. Ini karena sinar UV matahari sangat berbahaya. Nah, berikut adalah tips memilih paint protection film:

1. Pastikan Pemasangannya Benar
Tips Memilih Paint Protection Film untuk Mobil Anda

Tidak peduli seberapa bagus produk PFF, tidak akan maksimal jika tidak dipasang dengan benar. Karena itu, pastikan bisa menemukan perusahaan yang pas untuk memasang film pelindung cat.

2. Ketebalan Berpengaruh
Selain melindungi mobil dari kerusakan fisik, film pelindung cat yang berkualitas juga akan melindunginya dari sinar ultraviolet. Secara umum, semakin tebal film pelindung cat, semakin baik perlindungan yang akan diberikannya.

3. Pastikan Produk Berkualitas
Film pelindung cat berkualitas rendah justru berdampak buruk pada cat yang bagus. Sebab, beberapa jenis film pelindung cat akan mulai menguning seiring waktu.

BACA JUGA: Elon Musk Datangi Kantor Twitter Bawa Wastafel, Tidak Jadi Pecat 75 Persen Karyawan

4. Ingat Anggaran
Saat memilih PPF, coba untuk tidak terbujuk mendapatkan opsi paling mahal di pasar. Sebaliknya, tetap berpegang pada jalan tengah. Dengan begitu, tetap bisa mendapatkan PPF yang bagus tanpa menguraskantong.

MG/Andini Deffa Sudjatmiko
(dan)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2828 seconds (11.97#12.26)