Mobil Listrik Buatan Vietnam Raih 4 Bintang Uji Tabrak ASEAN NCAP

Rabu, 09 November 2022 - 16:00 WIB
loading...
Mobil Listrik Buatan Vietnam Raih 4 Bintang Uji Tabrak ASEAN NCAP
Mobil listrik buatan Vietnam sukses mendapat bintang 4 di uji tabrak ASEAN NCAP. Foto/ASEAN NCAP
A A A
JAKARTA - Mobil listrik buatan Vietnam, VinFast VF e34 EV berhasil meraih empat bintang uji tabrak versi ASEAN NCAP . Mobil itu jadi catatan istimewa buat pabrikan mobil nasional Vietnam karena jadi kendaraan pertama yang mengikuti uji tabrak ASEAN NCAP dengan metode baru yang dilaksanakan mulai 2021 hingga 2025.

Diketahui VinFast cukup rajin mengirimkan mobil-mobil mereka untuk menjalani sesi uji tabrak ASEAN NCAP. Beberapa mobil yang mereka kirimkan di antaranya adalah VinFast Fadil, VinFast Lux SA2.0 dan VinFast Lux A2.0. Mobil-mobil itu diuji tabrak dengan metode atau protokol lama.

Sebenarnya dari segi penilaian, VinFast VF e34 EV dianggap gagal meraih bintang lima. Pasalnya akumulasi nilai dari ujian yang dilakukan hanya mencapai 78,99 poin. Hanya saja menurut ASEAN NCAP capaian empat bintang sudah sangat cukup.



Mobil Listrik Buatan Vietnam Raih 4 Bintang Uji Tabrak ASEAN NCAP


Apalagi dari uji tabrak yang dilakukan, VinFast VF e34 EV berhasil meraih nilai yang cukup besar dalam hal perlindungna penumpang. Nilai yang dicapai untuk bagian itu ada 35,92 dari total nilai 40 poin.

Selain itu VinFast VF e34 EV berhasil meraih nilai 17,71 poin untuk perlindungan anak (maksimal 20 poin), dan perlindungan pengendara motor dengan nilai 12,50 dari nilai maksimal 20 poin.



Mobil Listrik Buatan Vietnam Raih 4 Bintang Uji Tabrak ASEAN NCAP


Lebih lanjut mobil listrik buatan Vietnam itu juga berhasil meraih nilai 12,86 dari 20 poin dalam kategori bantuan keselamatan, dengan sistem standar yang dilengkapi peringatan keberangkatan jalur, peringatan lalu lintas lintas belakang, dan balok tinggi otomatis. Istimewany alagi mobil tersebut juga telah dilengkapi dengan fitur e-Call, yang berfungsi untuk menghubungi layanan darurat jika terjadi kecelakaan dan monitor blind spot.

Saat ini VinFast e34 EV dijual di harga 690 juta Dong atau setara Rp435,9 juta. Mobil listrik itu dilengkapi dengan motor listrik yang dipasang di depan dengan tenaga 150 PS dan torsi maksimal 242 Nm.

Selain sistem keselamatan aktif yang disebutkan di atas, crossover lima kursi ini juga dilengkapi dengan enam airbag, kamera 360 derajat, sistem peringatan pembukaan pintu, dan sistem pasif yang biasa (ABS, EBD, brake assist, ESC, kontrol traksi , bantuan awal bukit). Perlengkapan lainnya termasuk velg 18 inci, lampu depan dan lampu belakang LED, kluster instrumen digital tujuh inci, layar sentuh infotainment format potret 10 inci dengan Android Auto dan Apple CarPlay, AC manual dengan ventilasi belakang, dan monitor tekanan ban.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2589 seconds (0.1#10.140)