Ini Dampak Penggunaan Ban Velg Lebar tak Sesuai Aturan, Bikin Mesin Motor Tersiksa

Kamis, 10 November 2022 - 13:43 WIB
loading...
Ini Dampak Penggunaan Ban Velg Lebar tak Sesuai Aturan, Bikin Mesin Motor Tersiksa
Penggunaan ban velg lebar tidak boleh dilakukan sembarangan tanpa mengindahkan ketentuan. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Penggunaan ban velg lebar di sepeda motor merupakan salah satu cara modifikasi yang sangat disukai oleh semua orang. Pasalnya ban velg lebar berhasil membuat tampilan motor jadi lebih gahar, kekar, dan bergaya.

Hanya saja banyak pemilik motor sering salah kaprah dalam melakukan modifikasi ban velg lebar ke sepeda motor mereka. Banyak dari mereka yang langsung saja memasang velg lebar ke sepeda motor tanpa harus melakukan beberapa penyesuaian.

Dari segi tampilan, motor memang akan tetap terlihat gahar, kekar, dan bergaya. Hanya saja dari segi fungsinya justru banyak merugikan.

Pemasangan ban velg lebar tanpa sesuai ketentuan otomatis akan membuat perputaran ban jadi lebih berat. Terutama dari posisi start atau diam hingga berakselerasi.



Memang pemilik motor bisa saja tidak ambil pusing dengan kondisi itu. Namun jika terus diabaikan kondisi mesin motor tentu akan dirugikan. Pasalnya tarikan awal yang lebih berat bikin komponen penerus tenaga mesin ke roda belakang jadi bekerja ekstra.

Hal itu tentu membuat masa pakai komponen akan drastis berkurang. Jadi masa pemakaian yang harusnya lama justru akan cepat habis.



Selain mesin yang dipaksa bekerja keras, dampak lainnya adalah konsumsi bahan bakar yang lebih tinggi dari biasanya. Hal itu tentu terjadi karena mesin motor yang dipaksa bekerja lebih keras.

Jadi jika ingin memang memaksakan penggunaan ban velg lebar ada baiknya pemilik motor melakukan penyesuaian. Misalnya penyesuaian kapasitas mesin yang dibuat lebih besar serta perubahan di bagian kaki-kaki.

Tentu hal tersebut akan sangat merepotkan. Namun jika ingin main aman pemilik motor bisa mencoba menggunakan ban velg yang ukurannya tidak jauh dari ukuran standar.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1502 seconds (0.1#10.140)