Aktivis Lingkungan Kini Jadikan Mobil Seni Target Baru untuk Dirusak

Minggu, 27 November 2022 - 12:00 WIB
loading...
Aktivis Lingkungan Kini Jadikan Mobil Seni Target Baru untuk Dirusak
BMW M1 Andy Warhol dirusak saat dipamerkan di Milan, Italia, baru-baru ini. Foto/DailyMail
A A A
JAKARTA - Aktivis lingkungan mulai menargetkan mobil-mobil seni atau art car sebagai objek untuk dirusak sebagai tanda protes. Aksi perusakan itu sudah memakan korban yakni mobil BMW M1 Art Car yang dilukis oleh seniman ternama Andy Warhol.

Mobil yang dipajang di Fabbrica del Vapore Art Centre, Milan, Italia itu dirusak dengan cara menaburkan tepung ke seluruh badan mobil. Tidak main-main ada 11 aktivis lingkungan yang berhasil melakukan perusakan tersebut.

Disebutkan La Repubblica, kesebelas aktivis tersebut merupakan anggota dari kelompok pro lingkungan Ultima Generazione atau Generasi Terakhir. Mereka memang fokus pada isu-isu lingkungan termasuk penolakan terhadap industri otomotif yang dianggap berperan besar pada kerusakan lingkungan.

Aksi yang mengagetkan itu langsung membuat pihak penyelenggara bereaksi cepat dengan menutup lokasi pameran. Mereka juga mengerahkan pihak keamanan untuk langsung menahan kesebelas aktivitas tersebut.



Aktivis Lingkungan Kini Jadikan Mobil Seni Target Baru untuk Dirusak


"Pelaku masuk ke lokasi pameran dengan membeli tiket dan ternyata membawa tepung dalam kantong mereka. Aksi ini sangat merugikan karena mobil ini sangat penting. Apalagi ini baru pertama kalinya kami menghadirkan mobil seni yang sangat istimewa," jelas Stefano Lacagnina, produser pameran.

Para aktivis lingkungan saat ini memang sedang getol-getolnya melakukan aksi perusakan terhadap karya seni. Berbagai lukisan karya seniman dunia dirusak sebagai tanda protes akan komersialisasi tinggi yang berdampak buruk pada lingkungan.

Hanya saja baru kali ini para aktivis lingkungan menemukan target baru yakni mobil seni atau Art Car. Diketahui Art Car merupakan mobil seni hasil kolaborasi produsen otomotif dunia dengan para seniman ternama.



Para seniman umumnya diminta untuk melukis mobil-mobil istimewa yang pernah dibuat oleh produsen otomotif. Misalnya saja BMW M1 Andy Warhol, Mercedes-Benz 220 Cabriolet Art Car, hingga Porsche Taycan Sean Wotherspoon.

Hanya saja kolaborasi itu justru dianggap para aktivis lingkungan sebagai kolaborasi yang paling berbahaya buat lingkungan. Industri otomotif diyakini telah menghasilkan emisi dalam jumlah yang sangat besar dan merugikan lingkungan sekitar.

Untungnya para aktivis tersebut masih membatasi diri dalam melakukan perusakan. Banyak karya seni yang dijadikan objek perusakan tidak rusak sama sekali karena memang hanya benda yang digunakan tidak berbahaya.

Seperti yang dilakukan Ultima Generazione di BMW M1 Andy Warhol. Bom tepung yang diarahkan ke mobil tersebut sama sekali tidak merusak mobil seni buatan BMW dan Andy Warhol itu.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4056 seconds (0.1#10.140)