10 Mobil Polisi Terbaik di Dunia, Ada Supercar hingga Mobil Listrik

Kamis, 01 Desember 2022 - 07:15 WIB
loading...
10 Mobil Polisi Terbaik di Dunia, Ada Supercar hingga Mobil Listrik
Lykan Hypersport, supercar yang digunakan oleh Kepolisian Dubai dengan banderol Rp53 miliar dan memiliki tenaga 750 hp. Dijamin penjahat tidak akan bisa kabur. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Kendaraan digunakan untuk mempermudah pekerjaan penggunanya, termasuk polisi . Selain berpatroli, mobil-mobil yang digunakan polisi juga sering digunakan untuk mengawal pejabat negara atau tamu VVIP.

Di beberapa negara, polisi dibekali mobil-mobil mewah untuk menaikkan citra serta menarik minat wisatawan. Sebut saja Dubai, yang membekali polisi dengan mobil-mobil mewah atau supercar. Lantas negara mana saja yang membekali polisi dengan mobil terbaik di dunia? Berikut rangkumannya:

1. Lykan HyperSport
10 Mobil Polisi Terbaik di Dunia, Ada Supercar hingga Mobil Listrik

Abu Dhabi identik dengan kemewahan. Termasuk kepolisian di sana yang dibekali mobil-mobil mewah. Di antaranya Lykan HyperSport, hypercar buatan Lebanon, yang hanya diproduksi 7 (tujuh) unit dan menjadi salah satu mobil paling langka di dunia.

Sejak debutnya di Qatar Motor Show 2013, Lykan Hypersport disebut-sebut sebagai mobil pertama asal negara Arab yang masuk ke pasar supercar.
Mobil ini ditenagai oleh mesin twin-turbocharged 6 silinder, yang menghasilkan tenaga 750 hp dan torsi 738 lb-ft.

Mobil yang pernah muncul dalam salah saru serial film Fast and Furious itu dibanderol USD 3,4 juta atau setara Rp 53,5 miliar.

2. Ford Mustang Mach-E
10 Mobil Polisi Terbaik di Dunia, Ada Supercar hingga Mobil Listrik

Mustang Mach-E merupakan mobil jenis SUV full electric pertama dari Ford ini bakal digunakan oleh kepolisian Inggris. Mobil ini pertama hadir dengan menunjukkan konsep mobil polisi dalam Emergency Service Show.

Ford berencana menawarkan mobil dengan baterai yang dapat menempuh jarak jauh, serta opsi penggerak roda belakang atau penggerak semua roda.
Versi GT dari Mach-E mampu berakselerasi 0-100 km/jam dalam 3,7 detik, dengan kecepatan tertinggi mencapai 178 km/jam.

3. Lenco BearCat G3
10 Mobil Polisi Terbaik di Dunia, Ada Supercar hingga Mobil Listrik

Lenco BearCat dibuat khusus untuk mengangkut tim SWAT dan petugas taktis lainnya untuk masuk dan keluar dari bahaya. BearCat pernah digunakan oleh polisi untuk menyelamatkan warga sipil dalam penembakan Planned Parenthood Colorado Springs 2015, serta penembakan klub malam Pulse 2016 di Orlando, Florida, di mana mobil ini dapat menembus gedung.

Baru-baru ini, beberapa BearCat juga digunakan untuk menyelamatkan sandera Jemaat Beth Israel di Colleyville, Texas, pada Januari 2022 lalu. Meski ada beragam pendapat tentang pasukan polisi yang memiliki akses ke kendaraan bergaya militer ini, tujuan BearCat adalah keselamatan. Hanya sedikit mobil yang dapat menandingi perlindungan yang diberikan oleh mobil ini.

Lambungnya yang berbentuk V dapat menghentikan peluru BMG kaliber 50 mm dan dapat menahan ledakan, menjaga tangki bahan bakar dan penumpangnya tetap aman.

Meski berat kendaraan hanya sedikit di atas 7.711 kilogram, kendaraan ini masih dapat melaju cepat berkat mesin turbodiesel 6,7 liter, yang menghasilkan tenaga 400 hp dan torsi puncak 880 lb-ft.

4. Renault Twizy
10 Mobil Polisi Terbaik di Dunia, Ada Supercar hingga Mobil Listrik

Mobil ramah lingkungan akan menjadi kendaraan dinas kepolisian di masa depan untuk berpatroli dan juga melakukan pengawalan. Kepolisian Amerika Serikat menggunakan Renault Twizy untuk berpatroli di jalanan kota yang sempit.

Seperti diketahui, pada momen Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali, Polwan dan Kowad juga melakukan patroli dengan menggunakan Renault Twizy. Ini dianggap sebagai kendaraan yang tepat karena jalanan di Bali tidak terlalu lebar.

Namun, mobil ini masih memiliki sedikit kekurangan, yaitu tidak kedap air. Ketika terjadi hujan besar, tetesan air kerap masuk ke dalam kabin melalui jendela samping.



5. Ford Crown Victoria
10 Mobil Polisi Terbaik di Dunia, Ada Supercar hingga Mobil Listrik

Ford Crown Victoria merupakan salah satu yang terbaik dan menjadi mobil polisi paling populer di dunia. Mobil ini memiliki semua bahan yang Anda inginkan dalam mobil polisi seperti harganya yang murah, sangat cepat, dan dibuat seperti tank.

Ikon Amerika beroda empat ini awalnya digerakkan oleh mesin V8 4,6 liter yang menghasilkan tenaga 210 tenaga kuda. Ford menambahkan 40 HP lagi untuk versi terbaru Victoria yang dirilis pada 2004 silam, tetapi di situlah penambahan tenaga berakhir.

Ciri khas mobil polisi adalah penggerak roda belakangnya, tata letak gandar yang kokoh mirip dengan yang sering ditemukan di truk. Crown Victoria menggunakan sasis body-on-frame, yang berarti mobil dapat menerima hantaman besar tanpa mengalami terlalu banyak kerusakan struktural.

Ketika terjadi benturan cukup buruk yang membengkokkan dan merusak komponen, mobil ini terkenal murah dan mudah diperbaiki. Sasis dan bodi dapat diperbaiki atau diganti satu per satu karena terpisahsatusamalain.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3241 seconds (0.1#10.140)