Off-Roader Listrik Ini Dibanderol Rp952 Juta, Begini Penampakannya

Rabu, 07 Desember 2022 - 10:35 WIB
loading...
Off-Roader Listrik Ini Dibanderol Rp952 Juta, Begini Penampakannya
Kendaraan off-road all-electric Munro Mk 1 dirancang dan dibangun di Glasgow, Skotlandia, sebagai kendaran kerja di medan berat, seperti pertanian dan pertambangan. Foto/cnet
A A A
GLASGOW - Kendaraan off-road all-electric Munro Mk 1 dirancang dan dibangun di Glasgow, Skotlandia . Off-roader ini dirancang sebagai kendaran kerja di medan yang berat, seperti di pertanian, pertambangan, dan sejenisnya.

Munro Mk1 diluncurkan pekan lalu dalam sebuah acara konferensi pers di Edinburgh. Mobil ini dibanderol USD61.100 atau sekitar Rp952 juta. Untuk preoder 50 kendaraan pertama segera dikirimkan pada tahun 2023.

Penampilan Munro Mk1 mengesankan dengan roda off-road yang besar, pegas suspensi raksasa yang terlihat, dan bodi bersudut seperti kendaraan militer. Interior kendaraan sangat sederhana, dengan sedikit kenyamanan mewah dan garis putus-putus dengan sedikit tombol fisik dan sakelar untuk mengontrol pemanasan.



Ada dua layar kecil untuk pengemudi dan infotainment, dan setidaknya sepasang speaker JBL yang tertanam di pintu untuk mendengarkan musik saat melakukan pekerjaan sehari-hari. Namun, semua ini sangat berbeda dengan interior kendaraan listrik lain yang bergaya, nyaman dan futuristik seperti Hyundai Ioniq 5 atau Tesla Model X.

Bisa dimaklumi karena ini adalah mobil yang dibuat untuk bekerja. Bagi orang-orang dengan sepatu bot berlapis lumpur untuk melompat masuk dan pergi, tidak khawatir merusak karpet kaki atau meninggalkan cipratan lumpur di pintu.
Off-Roader Listrik Ini Dibanderol Rp952 Juta, Begini Penampakannya


Mobil ini dirancang sederhana, dan mudah diperbaiki jika ada kerusakan. Lampu depan, misalnya, dapat diganti satu per satu daripada harus mengganti seluruh kluster, seperti kebanyakan kendaraan.

“Usia pikap diesel tipikal di tambang adalah sekitar tiga hingga lima tahun. Milik kami dirancang untuk bertahan selama beberapa dekade,” kata CEO Munro Russ Peterson dikutip dari laman cnet, Rabu (7/12/2022).



Salah satu hal yang paling sering rusak atau pecah pada kendaraan off-road, kata Peterson, adalah kaca depan. Namun, jangan khawatir karena pabrikan menyediakan kaca pengganti dengan harga relative terjangkau.

“Di Rivian, kaca depan harganya USD1.800. Di toko kami harganya £135 atau sekitar USD165. Itu sudah termasuk pemanas. Kaca datar dan mudah dibuat,” ujar Peterson.

Dia menjelaskan, penggunaan Munro Mk 1 akan memungkinkan perusahaan untuk mendekarbonisasi armada dengan cara yang sangat hemat biaya. Powertrain listrik tentunya merupakan elemen kendaraan yang paling berteknologi tinggi, dengan empat motor menggerakkan roda secara terpisah, dengan baterai 82,4kWh di bawah kapnya.
Off-Roader Listrik Ini Dibanderol Rp952 Juta, Begini Penampakannya


Munro mengatakan model top-spec akan mencapai 0-62 hanya dalam 4,9 detik, memiliki muatan penarik 1.000 kg dan jangkauan total 186 mil. Memang jarak tempuh ini belum mampu menyaingi rata-rata jarak tempuh kendaraan listrik sekitar 300 mil, namun cukup untuk digunakan sebagai kendaraan kerja.



Munro Mk1 juga mendukung pengisian cepat 100kW untuk mendapatkan daya tempuh yang lebih jauh secara cepat. Munro menargetkan bisa memproduksi 2.500 kendaraan per tahun pada 2027.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1379 seconds (0.1#10.140)