Jasa Raharja Ajak Mahasiswa Tekan Kecelakaan Lalu Lintas Lewat Sains dan Sosial

Rabu, 07 Desember 2022 - 16:28 WIB
loading...
Jasa Raharja Ajak Mahasiswa Tekan Kecelakaan Lalu Lintas Lewat Sains dan Sosial
JR-Rovation 2022 berhasil diikuti oleh 171 peserta dari 25 perguruan tinggi di Indonesia. Foto-foto/DOK. Jasa Raharja.
A A A
JAKARTA - Jasa Raharja mengajak mahasiswa bantu menekan tingkat kecelakaan lalu lintas melalui sains dan pendekatan sosial dalam kompetisi JR-Rovation 2022. Ajakan itu didasarkan pada fakta tingginya jumlah kecelakaan lalu lintas setiap tahun.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melaporkan, jumlah kecelakaan lalu lintas darat di Indonesia mencapai 103.645 kasus pada tahun 2021. Jumlah tersebut naik 3,62% ketimbang tahun sebelumnya yang mencapai 100.028 kasus.

Di tempat berbeda, berdasarkan data Kepolisian Negara Republik Indonesia, jumlah kematian akibat kecelakaan lalu lintas dan angkutan jalan (LLAJ) yang terjadi pada tahun 2020 mencapai angka 23.529 jiwa, atau setara dengan 3 (tiga) jiwa meninggal dunia per jam. Dari total korban kecelakaan di jalan ini, sebanyak 73 persen di antaranya melibatkan sepeda motor (tertinggi pertama).

Baca juga : Kupas Tuntas 3 Mobil Prancis Baru yang Goda Indonesia

Jasa Raharja Ajak Mahasiswa Tekan Kecelakaan Lalu Lintas Lewat Sains dan Sosial


Menyedihkannya lagi, berdasarkan data dari Kepolisian RI maupun Jasa Raharja, 60 persen korban kecelakaan lalu lintas di Indonesia adalah laki-laki usia produktif antara 15–24 tahun.

Dari situ Jasa Raharja kemudian berupaya mengajak anak-anak muda, terutama mahasiswa, untuk membantu menekan jumlah kecelakaan lalu lintas. Anak-anak muda diyakini mampu memberikan solusi yang memang akrab dan mudah dicerna oleh kelompoknya yang ada di usia sama.

Baca juga : BP-AKR Ajak Komunitas Coba Kelebihan Bahan Baru dengan Teknologi Active

Jasa Raharja Ajak Mahasiswa Tekan Kecelakaan Lalu Lintas Lewat Sains dan Sosial


"“Melalui JR-Rovation, Jasa Raharja memberikan kesempatan kepada para mahasiswa untuk turut berperan aktif dalam menekan angka kecelakaan lalu lintas di Tanah Air. Dan melalui kegiatan ini, mahasiswa bisa menyampaikan karyakarya terbaik meraka, yang nantinya tidak menutup kemungkinan untuk dipergunakan sebagai alat pendukung instansi berwenang dalam menanggulangi kecelakaan lalu lintas," ujar Direktur Hubungan Kelembagaan Jasa Raharja, Munadi Herlambang.

Dalam keterangan resmi Jasa Raharja menyebutkan peserta kompetisi JR-Rovation 2022 dapat menyalurkan ide mereka melalui dua kategori yakni sains yang berkeselamatan dan sosial yang berkeselamatan. Sejak awal digelar, kompetisi ini menerima sebanyak 171 peserta yang berasal dari 25 perguruan tinggi di Indonesia yang telah melewati beberapa fase seleksi, hingga terpilih 10 finalis yang mempresentasikan secara langsung ide-ide inovatif mereka.

Dari presentasi itu JR-Rovation memberikan tiga penghargaan masing-masing di setiap kategori. Setiap pemenang mendapatkan hadiah uang tunai dari panitia kompetisi.

“Dengan digelarnya kompetisi ini, diharapkan dapat mendorong peserta untuk menjadi inovator bangsa yang handal melalui pembekalan-pembekalan materi yang bermanfaat, sehingga melalui ide-ide inovasi yang terlahir dari para peserta ini dapat memberikan dampak yang signifikan dalam menekan tingkat kecelakan di jalan,” tutup Munadi Herlambang.
(wsb)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2800 seconds (11.210#12.26)