Punya Rotator dan Strobo, Ini Istimewanya Mobil yang Jemput Presiden Jokowi di Belgia

Rabu, 14 Desember 2022 - 14:55 WIB
loading...
Punya Rotator dan Strobo, Ini Istimewanya Mobil yang Jemput Presiden Jokowi di Belgia
Audi A8 L Security yang digunakan Presiden Jokowi saat berada di Belgia memiliki fitur keamanan yang sangat lengkap. Foto/YouTube Setpres Presiden RI.
A A A
JAKARTA - Presiden Jokowi tiba di Belgia dan langsung dijemput mobil istimewa yang dilengkapi dengan rotator, Selasa (13/12/2022) tadi malam. Kunjungan Jokowi ke Belgia untuk menghadiri Konefrensi Tingkat Tinggi (KTT) Peringatan 45 Tahun ASEAN-Uni Eropa.

Seperti kunjungan-kunjungan Jokowi ke beberapa negara lainnya, terdapat mobil istimewa yang dijadikan sebagai kendaraan penjemput. Bedanya kali ini mobil penjemput yang digunakan Jokowi dan Ibu Negara, Iriana cukup unik. Pasalnya mobil tersebut dilengkapi rotator dan strobo berwarna biru.

Mobil yang digunakan Jokowi dan Iriana memang sangat istimewa yakni Audi A8 L Security . Saking amannya, mobil tersebut tidak ubahnya seperti benteng berjalan.

Pasalnya Audi A8 L Security memenuhi klasifikasi proteksi VR9 yang berarti mampu menahan tembakan peluru kaliber 7,62 mm x 51 mm. Termasuk peluru jenis AP, granat dan ranjau. Sedangkan kaca untuk jendela terbuat dari lapisan polikarbonat yang memiliki proteksi balistik tertinggi (VR10) bagi kendaraan sipil atau non militer.



Punya Rotator dan Strobo, Ini Istimewanya Mobil yang Jemput Presiden Jokowi di Belgia


Mengingat ancaman keamanan tidak selalu berupa tembakan senjata atau bahan peledak, Audi melengkapi A8 L Security dengan sistem racun api (fire suppression system) yang memiliki penyemprot (nozzle) di bawah kap mesin, di fender roda, di tangki bahan bakar dan seluruh bagian kolong mobil. Tangki bahan bakar juga dilengkapi penyekat khusus (sealant) untuk menutup kebocoran lubang akibat tembakan peluru.

Mengantisipasi gangguan keamanan berupa serangan dengan bahan kimia, rangkaian flap pada Audi A8 L Security akan menutup rapat sehingga tidak ada udara luar yang masuk kabin. Sebagai gantinya, tersedia sistem pemasok udara segar agar para penumpang dapat bernafas normal saat berada dalam kabin.



Punya Rotator dan Strobo, Ini Istimewanya Mobil yang Jemput Presiden Jokowi di Belgia


Memaksimalkan mobilitas dalam kondisi darurat, terpasang ban run-flat PAX berukuran 20 inci yang bisa dipacu hingga 80 km/jam sejauh 80 km dengan kondisi kempis total (tidak ada udara sama sekali). Selanjutnya di balik grille, kaca spion, belakang terdapat perangkat darurat untuk mengusir orang dan kendaraan lain yang menghalangi Audi A8 L Security.

Seandainya sistem tersebut gagal melindungi konsumen, masih ada kotak lapis baja (armored box) di ruang bagasi yang berisi baterai cadangan dan radio komunikasi untuk memanggil bala bantuan. Kalau mobil terbalik dan penumpang terkurung dalam kabin? Tenang saja karena ada bahan peledak khusus untuk menjebol pintu agar semua penumpang bisa keluar dengan cepat

Untuk spesifikasi jantung mekanis, Audi A8 L Security Audi dkilengkapi mesin V8 4,0 liter twin turbo milik Audi S8 dengan tenaga maksimal 563 daya kuda dan torsi maksimal 800 Nm. Tenaga itu masih cukup untuk menggerakan mobil yang bobotnya mencapai 3,9 ton itu.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2777 seconds (0.1#10.140)