Lolos Euro5, Motor 2 Tak Ramah Lingkungan Siap Beredar

Kamis, 22 Desember 2022 - 06:32 WIB
loading...
Lolos Euro5, Motor 2 Tak Ramah Lingkungan Siap Beredar
Minarelli siapkan mesin motor 2Tak yang ramah lingkungan dan telah lolos Euro5. FOTO/ IST
A A A
MILAN - Motor 2 Tak yang pada umumnya identik dengan suara berisik dan ngebul berasap sebentar lagi anggapan itu akan sirnah.



Seperti dilansir dari MCN Kamis (22/12/2022), Minarelli yang merupakan produsen sepeda motor berbasis di Italia membuktikan bahwa mesin 2 tak masih bisa digunakan secara legal di jalan raya.

Dengan menggunakan mesin Yamaha 250 sebagai basis desain, mesin 2 tak baru yang mereka buat akan digunakan pada model Fantic XE300.

Walaupun motor ini akan digunakan sebagai motor offroad dan trail, namun mesin 2 tak 300cc yang terpasang pada motor ini memungkinkan anda untuk langsung berkendara pulang tanpa menggunakan trailer.

Pasalnya, mesin 2 tak 300cc ini sukses melewati standar emisi Euro5

Di antara inovasi yang dilakukan Minarelli antara lain menggunakan sistem injeksi bahan bakar terbaru dan juga sistem pembuangan khusus yang berfungsi sebagai sistem dekompresi untuk starter elektrik.

Minarelli juga telah menyetel tenaga mesin agar lebih cocok untuk digunakan di jalan raya daripada hanya berfokus pada tenaga. Sehingga tenaga mesin ini dibatasi hanya 50 tenaga kuda saja meski kapasitas mesinnya mencapai 300cc

Insinyur juga fokus untuk menghasilkan torsi yang lebih halus dan lebih merata selama pengoperasian mesin. Namun Minarelli menegaskan jika dipelintir dengan kecepatan penuh, mesin ini masih menghasilkan tenaga yang cukup

Sistem knalpot juga telah dimodifikasi untuk menghilangkan nada tinggi dan suara frekuensi tinggi yang umumnya identik dengan motor 2 tak untuk memastikannya lebih senyap dan lebih nyaman.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2012 seconds (0.1#10.140)