Fadli Zon Puji Vietnam Sudah Mampu Ekspor Mobil Listrik ke AS

Sabtu, 24 Desember 2022 - 09:39 WIB
loading...
Fadli Zon Puji Vietnam Sudah Mampu Ekspor Mobil Listrik ke AS
Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon memuji Vietnam yang sudah mampu memproduksi mobil listrik dan mengekspor ke pasar Amerika Serikat (AS). Foto/Twitter @fadlizon
A A A
JAKARTA - Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon memuji Vietnam yang sudah mampu memproduksi mobil listrik dan mengekspor ke pasar Amerika Serikat (AS). Pabrikan mobil listrik Vietnam VinFast pada Desember 2022 mengekspor 999 unit SUV listrik VF 8 ke Amerika Serikat.

“Vietnam negara tetangga kita, sudah punya mobil listrik produksi dalam negeri Vinfast dan sudah ekspor 999 mobil ke Amerika Serikat. Tak Banyak sesumbar, Vietnam maju melesat,” tulis Fadli Zon melalui akun twitter @fadlizon, 23 Desember 2022.

Dari postingan yang diunggah, mantan Wakil Ketua DPR ini terlihat mengamati dari dekat mobil buatan Vietnam, termasuk bagian interiornya. Fadli Zon tampak bersama-sama menaiki mobil listrik buatan Vietnam yang mampu memuat 5 penumpang.



Diberitakan sebelumnya oleh SINDOnews pada Rabu 30 November 2022, VinFast, pabrikan mobil listrik Vietnam , secara resmi mengirim ekspor pertama ke pasar Amerika Serikat bulan Desember 2022. VinFast telah mengirimkan 999 SUV listrik VF 8 ke Amerika Serikat.

VinFast awalnya menargetkan pengiriman 5.000 mobil dalam ekspor perdananya. Akibat penundaan produksi memaksa VinFast untuk mengurangi jumlah tersebut.
Fadli Zon Puji Vietnam Sudah Mampu Ekspor Mobil Listrik ke AS


VinFast punya alasan tersendiri yang unik memberi nama SUV listrik VF 8 dengan 999 (triple 9). Sebab, angka 999 dianggap sebagai ke beruntungan oleh masyarakat Vietnam.

“Tidak ada angka yang lebih beruntung dari 999,” kata CEO VinFast Le Thi Thu Thuy dilansir dari laman The Drive, Rabu (30/11/2022).



Menurut Thuy, sudah ada pengiriman kedua ke AS yang direncanakan untuk Januari, meski tidak jelas berapa banyak yang akan dikirim. Pengiriman pertama ini menandai langkah awal VinFast untuk menjajaki pasar AS.

VinFast berencana membangun pabrik di North Carolina, yang diklaim akan segera membuat kendaraannya memenuhi syarat untuk insentif pajak federal. VinFast VF 8 adalah SUV listrik lima kursi ukuran sedang yang, di pasar AS, hanya akan hadir dalam konfigurasi penggerak semua roda dua motor.

Namun, akan ada dua pilihan tenaga, yaitu mobil entry-level dengan 348 tenaga kuda dan torsi 368 pound-feet atau upgrade 402 tenaga kuda dan 457 pound-feet. VinFast menyediakan dua opsi baterai, rentang standar (82 kWh) dan rentang yang diperpanjang (87,7 kWh).
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1439 seconds (0.1#10.140)