Biar Performa Mesin Terjaga, Ini Waktu yang Tepat Ganti Oli Transmisi Mobil

Jum'at, 30 Desember 2022 - 11:00 WIB
loading...
Biar Performa Mesin Terjaga, Ini Waktu yang Tepat Ganti Oli Transmisi Mobil
Waktu yang tepat untuk ganti oli transmisi mobil paling tepat jika mengikuti buku petunjuk dan mehamami gejala yang muncul di mobil. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Mencermati waktu yang tepat ganti oli transmisi mobil merupakan salah satu cara manjur menjaga performa mesin. Bagaimana detailnya?

Hingga kini memang masih banyak orang salah sangka dengan oli transmisi mobil. Kesalahpahaman itu terjadi karena masih banyak pemilik kendaraan menganggap penggantian oli identik dengan oli mesin.

Padahal transmisi mobil juga perlu penggantian oli. Baik itu transmisi manual maupun matik. Kesalahpahaman juga terjadi karena adanya anggapan yang ada dimana mobil dengan transmisi manual tidak butuh penggantian oli transmisi seperti halnya mobil transmisi matik.

Padahal kenyataannya tidak demikian. Keduanya, mobil matik dan mobil manual, sama-sama butuh penggantian oli transmisi rutin.



Biar Performa Mesin Terjaga, Ini Waktu yang Tepat Ganti Oli Transmisi Mobil


Hanya saja memang mobil transmisi manual sangat jarang diganti. Jika harus diganti, biasanya setelah menempuh jarak hingga puluhan ribu kilometer.

Jadi, bagi mereka yang membeli mobil baru, usahakan membaca buku petunjuk dari mobil baru tersebut. Di buku manual biasanya tertera jika penggantian oli transmisi pada mobil manual ini bisa mencapai 40.000 kilometer.

Sebaiknya anjuran yang diberikan oleh buku panduan diikuti oleh pemilik kendaraan. Hanya saja terkadang penggunaan yang sangat tinggi membuat jadwal penggantian oli transmisi manual jauh lebih cepat dari yang dianjurkan.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2702 seconds (0.1#10.140)