Hyundai Ioniq 5 Jadi Taksi di Las Vegas, Bisa Jalan Tanpa Sopir

Jum'at, 06 Januari 2023 - 08:24 WIB
loading...
Hyundai Ioniq 5 Jadi Taksi di Las Vegas, Bisa Jalan Tanpa Sopir
Hyundai Ioniq 5 Robotaxi akan jadi taksi otonom di Las Vegas mulai akhir 2023. Foto: dok Hyundai
A A A
JAKARTA - Hyundai Ioniq 5 dianggap sebagai mobil mewah di Indonesia dengan harga mencapai Rp800 juta. Tapi, di Amerika, mobil listrik tersebut dijadikan taksi. Yang lebih istimewa lagi, Ioniq 5 bisa berjalan mandiri tanpa sopir.

Hyundai AS memang bekerja sama dengan startup Motional dan segera merilis Ioniq 5 Robotaxi di Las Vegas, Amerika Serikat, pada akhir 2023. Mobil tersebut akan mampu berjalan secara otonom.

Las Vegas direncanakan jadi lokasi pertama peluncuran Hyundai Ioniq 5 Robotaxi, sebelum diperkenalkan di Los Angeles dan kota-kota lain di negara bagian AS.

Hyundai dan Motional saat ini sedang melakukan pengujian di jalanan kota Boston, San Diego, dan Singapura.

Dilansir dari CarScoops, model Ioniq 5 Robotaxi dilengkapi teknologi khusus yang memiliki lebih dari 30 sensor canggih. Juga, tertaman pula sistem komputasi canggih untuk melakukan navigasi serta menghadapi situasi tidak terduga sekalipun.

Hyundai Ioniq 5 Jadi Taksi di Las Vegas, Bisa Jalan Tanpa Sopir

Ini penting, mengingat jalanan di Las Vegas memiliki lalu lintas yang sangat ramai. Mobil tersebut juga telah dilatih untuk mengidentifikasi dan memprediksi perilaku semua pejalan kaki.



Dalam video yang dirilis oleh Hyundai dan Motional, terlihat seorang pejalan kaki yang melakukan juggling bola di trotoar menjatuhkan sesuatu ke jalan. Lantas, Ioniq 5 Robotaxi akan mengenalinya dan berhenti.

Hyundai juga mengatakan bahwa kemampuan AI di Ioniq 5 Robotaxi akan setara dengan sopir berpengalaman. Juga, mampu menavigasi jalan masuk hotel yang padat di seluruh Las Vegas.

Selain itu, mobil tersebut juga dapat mengidentifikasi orang yang meminta tumpangan, serta berhentidenganmulus.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5184 seconds (0.1#10.140)