Fitur Engine Auto Start-Stop, Berguna atau Sekadar Gimmick Sih?

Jum'at, 06 Januari 2023 - 10:32 WIB
loading...
Fitur Engine Auto Start-Stop, Berguna atau Sekadar Gimmick Sih?
Fitur Engine Auto Start-Stop akan sangat bermanfaat bagi pengendara yang sering mengalami kepadatan lalu lintas di perjalanan. Foto: dok Suzuki
A A A
JAKARTA - Fitur Engine Auto Start-Stop belakangan jadi salah satu fitur andalan pabrikan. Fungsinya, membuat mesin mobil ini non-aktif secara otomatis saat berhenti sejenak. Tepatnya, ketika berjalan stop and go saat “stop and go” di kemacetan.

Tujuannya, untuk mencegah energi terbuang sia-sia ketika mobil berhenti, mengurangi emisi gas buang, serta lebih efisien konsumsi bahan bakarnya.
Fitur ini bisa ditemukan di Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross terbaru, juga All New Ertiga Hybrid.

Tapi, sebenarnya fitur ini benar-benar berguna atau tidak sih? 4W Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales (PT SIS) Donny Saputra mengatakan, fitur Engine Auto Start-Stop berfungsi untuk membuat penggunaan bahan bakar lebih efektif.

Sebab, ketika mobil berhenti sejenak maka mesin akan mati secara otomatis dan membuat mesin tidak mengalami proses pembakaran.

Fitur Engine Auto Start-Stop, Berguna atau Sekadar Gimmick Sih?

“Ketika mesin otomatis mati, disinilah baterai Accu dan baterai Lithium-ion mengalirkan energi agar fungsi kelistrikan dan fitur kenyamanan lainnya di All New Ertiga Hybrid tetap bekerja secara normal,” ujarnya.

Bahkan, Donny menyebut bahwa Suzuki menyarankan kepada pelanggan untuk menerapkan gaya berkendara Eco-Driving di aktivitas sehari-hari. “Supaya dapat membantu mengurangi emisi gas buang sekaligus penggunaan bahan bakar,” terang Donny.

Karena pada saat Stop & Go, lanjut Dony, mesin yang biasanya tetap hidup/idle ketika mobil berhenti, akan menjadi non-aktif sehingga penggunaan bahan bakar dapat diminimalisir.

Mesin akan menyala secara otomatis jika diperlukan kembali. Dampak positifnya, mesin mobil tidak akan menghasilkan emisi gas buang serta lebih efisien pada kondisi tersebut.

Aktif Otomatis
Fitur Engine Auto Start-Stop dalam kondisi normal akan selalu aktif setiap mobil dinyalakan. Sehingga memberi kemudahan bagi pengendara. Karena tidak memerlukan penyetelan tertentu pada mobil.
Otomatisasi fitur tersebut bertujuan untuk memberikan kebiasaan positif bagi pengendara dalam hal menggunakan gaya berkendara Eco-Driving setiap saat.

Syarat Engine Auto Start-Stop Bekerja
Agar fitur Engine Auto Start-Stop dapat bekerja di All New Ertiga Hybrid, ada beberapa kondisi dasar yang harus diperhatikan. Pertama pastikan pintu pengemudi dalam keadaan tertutup. Kedua, terpasangnya sabuk pengaman pada sisi pengendara.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2240 seconds (10.55#12.26)