Fitur Rahasia Mobil Ini Bikin Mudik Lebih Nyaman dan Hemat!

Sabtu, 06 April 2024 - 22:52 WIB
loading...
Fitur Rahasia Mobil Ini Bikin Mudik Lebih Nyaman dan Hemat!
Suzuki Ertiga Cruise Hybrid memiliki sejumlah fitur yang dapat dimanfaatkan saat mudik. Foto: SIS
A A A
JAKARTA - Macet panjang harus dihadapi pemudik tahun ini. Tidak hanya tol TransJawa, lalu lintas sepanjang Sumatera pun terhenti hingga 12 km.

Wajar, karena Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyebut bahwa 30% masyarakat Indonesia lebih senang menggunakan kendaraan pribadi untuk mudik lebaran di 2024 ini.

Alasannya beragam, mulai fleksibilitas dalam mengatur jadwal keberangkatan, destinasi, serta sisi ekonomis.

Nah, penting juga pengguna mobil bisa memaksimalkan dan memudahkan pengalaman perjalanannya dengan memanfaatkan fitur-fitur pintar pada mobil seperti cruise control, engine auto-stop, dan lainnya.

Suzuki Indonesia, misalnya, memberikan tips beberapa fitur yang bisa dimanfaatkan saat mudik. “Ini sesuai simulasi perjalanan mudik serta wisata dengan rute Jakarta-Cirebon-Pekalongan-Solo-Jakarta selama 3 hari,” beber Joshi Prasetya, Dept. Head of Strategic Planning PT SIS.

Menurutnya, total simulasi tersebut mendapatkan jarak tempuh sejauh 1.308 km dan menghabiskan sekitar 64,8 liter bahan bakar RON 92 senilai Rp840.131.

Nah, berikut tips yang bisa dimanfaatkan:

1. Cruise Control di Jalan Tol Antar Kota
Fitur Rahasia Mobil Ini Bikin Mudik Lebih Nyaman dan Hemat!

Fitur cruise control bisa membantu meringankan perjalanan antar kota yang panjang dan mungkin membosankan. “Silahkan jaga kecepatan konstan pada 90 km/jam, menggunakan cruise control. Sesekali penyesuaian kecepatan turut dilakukan. Mudah kok, karena hanya perlu mengubah batas kecepatan mobil melalui tombol yang ada di lingkar kemudi,” ungkap Joshi.

2. Engine Auto-Stop
Fitur Rahasia Mobil Ini Bikin Mudik Lebih Nyaman dan Hemat!

Di rute dalam kota yang persimpangan dan antrian lampu lalu lintas cukup banyak, bisa melakukan gaya berkendara stop & go. Fungsinya mematikan mesin secara otomatis ketika mobil berhenti, dan hidup saat perjalanan dimulai kembali.

Di dalam Multi Information Display (MID) dapat diketahui seberapa banyak bahan bakar yang dapat dihemat selama fitur tersebut aktif, sehingga total biaya untuk pembelian bahan bakar pun dapat lebih efisien.

3. Head unit Agar Tidak Bosan
Fitur Rahasia Mobil Ini Bikin Mudik Lebih Nyaman dan Hemat!

Joshi menyebut head unit touchscreen 8 inci sudah dibekali smartphone mirroring sehingga penumpang bisa menghubungkan ponsel pintarnya dan memutar musik maupun menampilkan peta perjalanan. Bahkan menghubungkan aplikasi video untuk menayangkan karaoke lagu favorit dan bernyanyi di kondisi mobil berhenti.


4. Auto Guide Me Light
Fitur Rahasia Mobil Ini Bikin Mudik Lebih Nyaman dan Hemat!

Fitur Auto Guide Me Light membantu menemukan mobil yang terparkir dengan mudah. Diantara banyaknya mobil yang sedang terparkir, lampu All New Ertiga Hybrid Cruise dapat menyala dalam beberapa detik untuk memberikan tanda dan memandu menujukemobil.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3442 seconds (0.1#10.140)