Hyundai Ioniq 5 Kini Bisa Jalan Seperti Kepiting dan Tank Tempur

Selasa, 10 Januari 2023 - 11:00 WIB
loading...
Hyundai Ioniq 5 Kini Bisa Jalan Seperti Kepiting dan Tank Tempur
Jalan kepiting yang ada di Hyundai Ioniq 5 berhasil dilakukan berkat fitur e-Corner. Foto/Screen Capture YouTube Hyundai Mobis
A A A
JAKARTA - Hyundai Ioniq 5 dibekali fitur baru e-Corner, yang membuat mobil listrik itu bisa berjalan seperti kepiting dan tank tempur. Inovasi itu ditunjukkan oleh Hyundai Mobis (Mobility Beyond Integrated Solution) di ajang Consumer Electronic Show 2023 (CES) di Las Vegas, Amerika Serikat, akhir pekan lalu.

Sejatinya fitur baru e-Corner dibuat oleh Hyundai Mobil di mobil konsep mereka yakni Purpose-Built Vehicle (PBV). Hanya saja mereka masih perlu menerjmahkan fitur baru itu ke dalam mobil yang sudah dijual massal di seluruh dunia yakni Hyundai Ioniq 5.

Disebutkan Paultan sistem e-Corner memang dirancang untuk kendaraan hybrid electric (HEV), battery electric (BEV) dan fuel cell electric (FCEV). Fitur ini berupa motor dalam roda yang juga mengintegrasikan teknologi rem dan kemudi dengan kabel serta peredam listrik ke dalam satu paket.



Hyundai Ioniq 5 Kini Bisa Jalan Seperti Kepiting dan Tank Tempur


Setiap roda dapat berakselerasi, mengerem, dan menyetir secara mandiri, memungkinkan penggerak empat roda sejati yang dapat disesuaikan dengan berbagai jenis kendaraan mulai dari SUV hingga mobil berukuran sedang dan kompak. Hanya saja untuk di CES 2023, selain PBV, Hyundai Mobis memasangnya di Hyundai Ioniq 5.

Fitur itu membuat sistem kemudi Hyundai Ioniq 5 jadi menarik. Mobil listrik buatan Korea Selatan itu jadi bisa berjalan ke samping kiri dan kanan dan diagonal layaknya kepiting . Begitu juga berputar 180 derajat dengan mudah layaknya tank tempur. Bahkan jika perlu melakukan gerakan 360 derajat yang dikenal sebagai mode pivot.





Sebenarnya kemampuan ini sudah dimiliki oleh GMC Hummer EV yang memiliki mode berkendara Crab Walk atau Jalan Kepiting. Begitu juga dengan mobil Rivian R1 T yang memiliki mode berkendara Tank Turn. Mode itu bisa membuat Rivian R1 T berputar 180 derajat layaknya tank tempur.

Jadi sangat menarik karena Hyundai Ioniq 5 memiliki dua kemampuan istimewa itu. Sayangnya fitur itu masih dalam bentuk konsep jadi tidak dijual bebas dan digunakan oleh semua pemilik mobil listrik Korea Selatan itu.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1634 seconds (0.1#10.140)