Honda Cetak Rekor Irit BBM, Keliling 24 Negara

Kamis, 09 Juli 2015 - 16:25 WIB
Honda Cetak Rekor Irit BBM, Keliling 24 Negara
Honda Cetak Rekor Irit BBM, Keliling 24 Negara
A A A
AALST - Honda berhasil mencetak rekor efisiensi bahan bakar pada Guinness World Records untuk predikat “Lowest Fuel Consumption”. Setelah menempuh perjalanan melintasi 24 Negara di benua Eropa dengan jarak tempuh 13,498 kilometer (atau 8,387 mil).

Perjalanan ini dilakukan menggunakan Honda Civic Tourer varian diesel yang berhasil mencatatkan efisiensi bahan bakar 2.81 liter per 100 kilometer (100,31 mpg).

Rekor ini berhasil dicatatkan oleh dua anggota tim riset dan pengembangan Honda European Research & Development, Fergal McGrath dan Julian Warren.

Rekor “Lowest Fuel Consumption“ dari Guinness World Records diperoleh melalui catatan konsumsi bahan bakar dalam liter per 100 kilometer serta mil per galon, dihitung sepanjang perjalanan berdasarkan konsumsi bahan bakar, tracking data lewat GPS (termasuk data telematika), video dan foto-foto, serta saksi independen yang dapat dibuktikan kebenarannya.

Pengujian dimulai pada 1 Juni 2015 lalu dari kota Aalst Belgia, mengelilingi benua Eropa dengan searah jarum jam, hingga kembali lagi ke titik awal pada tanggal 25 Juni 2015. Berdasarkan peraturan, mobil yang digunakan harus dalam kondisi standar tanpa modifikasi apapun.

Bahan bakar diisi penuh setiap kali melakukan pengisian bahan bakar, tekanan pada ban serta pengaturan pada roda dipastikan oleh juri independen agar semua telah sesuai dengan standar pabrik. Selain itu mobil tidak boleh melewati batas kecepatan pada saat pengetesan berlangsung sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku di Eropa.
hondaPenghargaan Lainnya
Sebelumnya, Honda Civic Tourer telah meraih dua penghargaan bergengsi lainnya yaitu: Best Real MPG Performer Awards 2015 dari Honest John di Inggris dan predikat “MPG Marathon” terbaik pada 2014 ldari Majalah Fleet World bekerjasama dengan ALD Automotive dan TRACKER di Inggris.

Honda Civic Tourer pertama kali diperkenalkan dalam bentuk konsep di Geneva Motor Show Maret 2013. Model produksi massalnya diperkenalkan di ajang Frankfurt Motor Show 2013. Kemudian diproduksi massal pada Desember 2013 dan mulai dijual di benua Eropa awal 2014.

Honda Civic Tourer dijual dalam dua varian mesin Earth Dreams Technology diesel 1.6 liter i-DTEC dan bensin 1.8 liter i-VTEC dengan tenaga maksimum 120 PS dan torsi maksimum 300 Nm.

Masing-masing varian tersedia dalam dua pilihan transmisi yaitu 6MT dan CVT Earth Dreams Technology, serta empat grade mulai dari tipe S tipe SE Plus, SR dan EX Plus. Honda Civic Tourer mempunyai kapasitas bagasi terbesar dan terluas dikelasnya, yaitu 624 liter.

Mobil ini dilengkapi dengan fitur-fitur unggulan seperti Adaptive Damper System, Honda CONNECT 7” Touchscreen Display untuk sistem audionya dan juga sistem navigasi, Honda Rear Magic Seats, Driver’s Power Lumbar and Side Seat Support, Passenger Power Lumbar Adjust*, Forward Collision Warning*, Traffic Sign Recognition System*, Lane Departure Warning*, Blind Spot Information termasuk di dalamnya Cross Traffic Monitor* dan Highbeam Support System*
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5489 seconds (0.1#10.140)